oleh

Terapkan e-Planning Tahun Ini

LAUNCHING : Bupati Muharram didampingi Wakil Bupati Agus Tantomo meluncurkan e-planning pekan lalu.

NEWSNUSANTARA,BERAU – Tahun ini Pemerintah Kabupaten Berau sudah mulai menjalankan
sistem informasi perencanaan pembangunan atau e-planning. Program ini merupakan tahapan menuju smart city. Dengan memanfaatkan aplikasi untuk penyusunan rencana pembangunan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

E-Planning merupakan sebuah sistem informasi berbasis website yang dikembangkan untuk memfasilitasi proses perencanaan, pengendalian, dan evaluasi rencana kerja pembangunan daerah.

Bupati Berau, Muharram menyampaikan pentingnya penggunaan sistem tersebut dalam melaksanakan Rencana Anggaran Kerja (RKA) bagi OPD. Itu karena di dalamnya sudah tersusun sasaran peningkatan pelayanan, yakni berupa target capaian kinerja serta mekanisme pengorganisasian program dan kegiatan pelayanan perangkat daerah sesuai tupoksi.

Baca Juga  PT Bayan Resource Ajak Pelaku Pariwisata dan Mice Tour Teluk Balikpapan

“Dengan penerapan sistem e-planning secara otomatis akan mewujudkan keselarasan dokumen perencanaan hingga penganggaran di OPD sehingga target yang ingin dicapai dalam RPMJD mampu diwujudkan sesuai dalam rencana kerja tiap tahun,” ucapnya.

Muharram juga menyampaikan dengan perencanaan sistem tersebut, target peningkatan pelayanan yang menjadi tolak ukur kinerja OPD dapat diciptakan. Selain itu, perencanaan sistem tersebut dapat lebih mengarahkan dan mengorganisasikan program serta kegiatan pelayanan Perangkat Daerah sesuai dengan tupoksinya. “Sehingga dibutuhkan kerja secara team work secara transparan dan akuntabel di masing-masing OPD,” terangnya.

Baca Juga  Sepasang Pasutri Nyuri ke Minimarket Bareng Tetangga

Dia berharap, tidak ada lagi program yang masuk begitu saja tanpa adanya perencanaan awal. Ia menilai keberhasilan suatu program kerja itu bergantung pada matangnya perencanaan awal. Tentu ini memberikan ruang bagi setiap OPD untuk menyusun program prioritas apa saja yang akan dijalankan untuk setiap tahunnya.

“Jadi tidak ada lagi kegiatan yang masuk di akhir tahun. Karena harus disusun sejak awal. Dan program kerja di e-planning ini diawasi secara penuh oleh KPK, BPK, kejaksaan,” tegasnya.

Baca Juaga:

RSUD Abdul Rivai Belum Miliki Ruang Isolasi Terstandar

Baca Juga  Pasca Jalan Rusak Akibat Proyek JLS Akses Jalan Menuju Wisata¬† Pantai Balekambang Sudah Diperbaiki.

Infrastruktur Dasar Menjadi Prioritas Musrenbang Kecamatan Kaubun

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan (Bapelitbang), Agus Wahyudi menyampaikan, dengan adanya e-planning ini membuat perencanaan dapat berjalan lancar hingga pelaporannya. Program ini juga telah beberapa kali disosialisasikan pada tahun lalu. Dan tahun ini sudah mulai diterapkan secara bertahap. “Beberapa kampung sudah mulai menjalankannya. Rencana kerja untuk tahun 2021 mendatang sudah dimasukan dalam e-planning ini. Saya harap OPD juga dapat mengikuti,” pungkasnya. (Hms5)