oleh

Optimalkan Distribusi Air Minum ke Masyarakat

PEMASANGAN : Perumda Batiwakal melakukan pemasangan Valve 6 inch pada jaringan pipa distribusi Gunung Tabur.

NEWSNUSANTARA,TANJUNG REDEB – Perumda Batiwakkal berupaya untuk memaksimalkan pelayanan air minum kepada masyarakat. Berbagai program pun telah dilakukan dalam upaya pengoptimalan ini. Sehingga kedepannya ditargetkan masyarakat bisa menikmati layanan air minum secara maksimal.

Disampaikan Direktur Perumda Batiwakkal, Saiful Rahman, salahs satu yang telah dijalankan yaitu pemasangan Valve berukuran 6 inch pada jaringan pipa distribusi Gunung Tabur beberapa waktu lalu. Pemasangan ini merupakan bagian dalam meningkatkan pelayanan khususnya distribusi air minum ke masyarakat yang ada di sana. Sehingga layanan air minum bisa merata ke seluruh masyarakat tanpa adanya gangguan.

Baca Juga  Pesan Kapolri ke-700 Capaja: Sinergitas TNI-Polri Harga Mati Wujudkan Indonesia Maju

“Pemasangan Valve ini bertujuan untuk lebih mengoptimalkan tekanan dan mengatur pendistribusian air khusunya ke arah Gunung Tabur dan sekitarnya agar lebih merata,” jelas Saiful.

Selain itu, Perumda Batiwakal juga telah mengoperasikan IPA di Kampung Tasuk. Dengan melayani sekitar 400 sambungan rumah baru yang ada di sana. IPA ini pun kedepannya diharapkan bisa membantu dalam pendistribusian air minum di wilayah Gunung Tabur. “Kapasitasnya 10 liter per detik. Sebulan ini masih kita lakukan uji coba terlebih dahulu. Jika memang memungkinkan, IPA ini bisa menopang distribusi air minum di Gunung Tabur. Karena kalau kita lihat, tarikan pipa dari IPA yang ada di Raja Alam cukup jauh jika ke Gunung Tabur,” kata Saiful.

Baca Juga  Pelaksanaan Workshop dan Bimbingan Teknis (Bimtek) DPRD Kabupaten Berau Bersama DPN ADKASI Berakhir Sukses

Untuk memaksimalkan lagi distribusi ke para pelanggan. Pada tahun ini Perumda Batiwakal juga berencana untuk mengadakan dua unit genset. Hal ini sebagai antisipasi jika terjadinya pemadaman listrik seperti yang beberapa waktu lalu. Saat ini, Perumda Batiwakal masih memiliki dua unit genset di IPA Raja Alam dan Rinding. “Jadi kalau ada pemadaman lagi bisa langsung ditangani. Ini menjadi solusi agar distribusi air minum ini tetap lancar jika terjadinya pemadaman,” pungkasnya (ar)