oleh

Diskan Gandeng Dasawisma Kembangkan Budidaya Perikanan

NEWSNUSANTARA,TANJUNG REDEB – Program kerja sama Dinas Perikanan dan Dasawisma dalam budidaya perikanan mulai terlihat hasilnya. Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas pun memberikan apresiasi atas program ini. Dan ditargetkan bisa mencakup seluruh dasawisma di Bumi Batiwakkal.

Program kerja sama ini berjalan sejak tahun 2020 lalu. Ada 10 dasawisma yang tersebar di empat kecamatan terdekat, Tanjung Redeb, Teluk Bayur, Gunung Tabur dan Sambaliung yang mendapatkan bantuan dua unit terpal dan 4000 benih ikan lele. Serta fasilitas pendukung lainnya. Sejauh ini hasilnya sudah mulai terlihat. Seperti di Dasawisma RT 17 telah menjual total 150 kilogram ikan lele dengan nilai jual Rp 25.000 per kilo.

Baca Juga  Evaluasi Penangulangan Covid-19 di Berau

Bupati Sri memberikan apresiasi atas capaian yang telah diraih ini. Ia berharap inovasi ini semakin berkembang pesat dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. “Banyak manfaat yang diproleh, salah satunya kemandirian ekonomi. Pemerintah daerah memberikan dukungan penuh bahkan bisa berlanjut ke dasawisma lainnya sesuai dengan potensi daerah masing-masing,” harapnya.

Menurutnya program seperti ini harus digalakan terus. Sebagai sumber ekonomi alternatif bagi masyarakat. Dengan pengelolaan yang maksimal dan dukungan penuh dari pemerintah diharapkan dapat memacu perekonomian di masyarakat. “Di tengah kondisi Pandemi saat ini perlu adanya inovasi dan kreatifitas. Sehingga masyarakat tetap mandiri dalam menjaga perkonomian keluarga,” ujarnya.

Baca Juga  Arab Saudi Tangguhkan Sementara Visa Umrah dan Wisata karena Virus Corona

Sementara Kepala Dinas Perikanan, Tentram Rahayu menyampaikan, program ini merupakan bentuk dalam mendukung peningkatan sektor perikanan. Dengan bekerja sama Dasawisma diharapkan bisa menyentuh langsung ke masyarakat. Pendampingan pun terus dilakukan sehingga hasil yang diperoleh dalam budidaya perikanan bisa berjalan maksimal. “Ini salah satu fokus utama kita. Dengan memusatkan program di sektor budidaya perikanan. Targetnya perekonomian berjalan dan gemar makan ikan bisa tercapai,” pungkasnya.(ED)