oleh

Ketua TP PKK Kaltim Apresiasi Kekompakan Dasawisma Melati

NEWSNUSANTARA,TANJUNG REDEB – Ketua TP PKK Kaltim, Norbaiti Isran Noor mengunjungi dasawisma melati RT 1 Kelurahan Gayam, Kamis (9/9). Kunjungan ini didampinggi Ketua TP PKK Berau, Sri Aslinda Gamalis beserta para pengurus TP PKK Berau. Dalam kunjungan tersebut, dasawisma melati mendapatkan apresiasi atas kreatifitasnya dan kekompakan masyarakat dalam menjaga lingkungan tetap asri dan sehat. Sekaligus menumbuhkan sumber-sumber perekonomian bagi masyarakat sekitar.

Dasawisma Melati menjadi satu-satunya perwakilan Kabupaten Berau dalam ajang penilaian lomba dasawisma tingkat Provinsi Kaltim tahun 2021. Dimana sebelumnya dasawisma melati sukses menjadi yang terbaik untuk tingkat kabupaten. Dalam penilaian ini diikuti oleh enam dasawisma terbaik dari masing-masing kabupaten/kota di Kaltim.

Norbaiti mengatakan, meskipun posisi dasawisma ini ada di tengah perkotaan, namun semangat dan rasa gotong royong dari masyarakatnya tetap terjaga. Hal ini terlihat dari lingkungan di RT 1 Kelurahan Gayam yang terjaga, mulai dari kebersihan, keasrian serta kekompakan masyarakat yang bersama-sama dalam menghijaukan lingkungan. “Ini ada tempat kedua yang didatangi tim penilai. Meskipun tidak melakukan penilaian, namun secara pribadi saya melihat sangat bagus. Karena lingkungan di sini sangat nyaman, dan kalau orang masuk ke sini rasa kebahagiaan itu muncul karena di kira kanannya ada tanaman yang dijaga oleh masyarakat di sini,” ungkapnya.

Baca Juga  Bangkitkan Sektor Potensial Gantikan Tambang

Menurutnya kemajuan seperti ini harus bisa diikuti oleh kabupaten/kota lainnya khususnya di tingkat RT. Dan peranan dasawisma harus semakin ditingkatkan lagi untuk mencapai target tersebut. “Karena salah satu indikator RT itu maju adalah peran serta masyarakat itu sendiri dalam menjaga lingkungan. Dan itu akan menaikan imun kita. Dan ini tidak hanya muncul begitu saja ketika ada penilaian, tapi telah lama ditanamkan. Dan itu tidak mudah awalnnya, sehingga ini merupakan pencapaian luar biasa. Tanpa disadari juga ikannya bisa dijual, sayurnya bisa dijual, kalau dimakan tidak habis,” ujarnya.

Baca Juga  PDAM Ajukan 2500 SR MBR

Sementara Ketua TP PKK Berau, Sri Aslinda Gamalis menyampaikan, persiapan penilaian dasawisma ini telah jauh dilakukan sebelumnya. Ia juga optimis dengan pencapaian terbaik dalam penilaian nanti. Karena ini menjadi dorongan bagi dasawisma lainnya untuk terus meningkatkan perannya dalam lingkungan masing-masing. “Tanggapan dari Ibu Ketua tadi sangat positif. Kita jaga terus semangat dan kekompakan dalam dasawisma ini. Karena hasil yang diberikan juga sangat positif kembali ke lingkungan masing-masing,” harapnya.

Selanjutnya kepada pengurus dan kader PKK, ia menaruh harapan besar untuk mendukung program pemerintah mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Ia berharap apa yang telah dijalankan oleh masing-masing dasawisma di tingkat RT bisa dipertahankan.

Baca Juga  PSBB Jadi Langkah Terakhir Yang Akan Dijalankan

Selain itu, ia juga memberikan apresiasi telah berjalannya beberapa program pemberdayaan masyarakat dan berharap program ini dapat terus dioptimalkan. Berau pun memiliki banyak destinasi wisata. Tentu hal ini bisa dimaksimalkan untuk lebih menunjukan eksistensi dasawisma dalam membantu peningkatan pariwisata. “Kita terus memberikan semangat agar dasawisma ini semakin maju dan berkembang. Sehingga program yang dijalankan pemerintah juga bisa terlaksana dengan tepat sasaran,” pungka Sri Aslinda.(HAM)