Beberapa Bangunan Rumah di Bantaran Sungai Kota Malang Ambrol

NEWSNUSANTARA.COM – MALANG – Beberapa bangunan  rumah yang terletak di bantaran sungai   Jalan Muharto Gang 5B RT 05 RW 06, Kota Malang ambrol  Selasa (5/4/2022) siang.
Banguan tersebut sekitar Enam rumah yang terletak di bantaran sungai Brantas mengalami ambrol dalam dua kali,  Pertama pada sekitar pukul 10.00 dan kedua sekitar pukul 11.30.
M Cholil selaku ketua RT menjelaskan, bahwah sudah ada dua minggu lalu telah  muncul retakan di sejumlah rumah.
Warga menduga bahwah keretakan itu diakibatkan curah  hujan deras yang kerap kali terjadi Melanda wilayah tersebut.
“Iya jadi dapat di bilang sekitar dua hari terakhir retaknya makin lebar. karena firasat warga makin gak enak, di lokasi yang retakannya melebar sempat kita kurangi gentengnya untuk mengurangi beban,” jelasnya.
Ada sekitar pukul 10.00 WIB tiga rumah warga yang ada disamping rumah Cholil ambrol bersamaan kesungai.
“Setelah itu sekitar pukul 11.30, rumah saya bersama dua rumah lain ikutan ambrol.,” terangnya.
Sebelum kejadian tersebut ,  pada pagi warga sudah mengamankan barang-barang yang ada di dalam rumah sehingga saat rumah ambrol, barang milik warga tetap aman.
“Dari rumah yang ambrol , barang kesemuanya selamat  karena pada pagi tadi perabotan ruamah sudah di amankan  semua,” kata Cholil.
Pada tahun 2021 pihaknya melakukan pengajuan kepada Balai Besar Surabaya terkait plengsengan sungai Brantas yang ada di tempatnya, juga melalui Musrenbang kota, namun tidak menemui titik terang.(HMS).