Jalin Silaturahmi, Kapolda Kaltim Sambut Tokoh Adat di Wilayah Kaltim

AUDENSI: Kapolda Kaltim berdialog dengan para tokoh adat di Kaltim seputar pembangunan dan kamtibmas di Katim.
AUDENSI: Kapolda Kaltim berdialog dengan para tokoh adat di Kaltim seputar pembangunan dan kamtibmas di Katim.

NEWSNUSANTARA.COM BALIKPAPAN – Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) menjalin silaturahmi dengan dengan para tokoh Adat Dayak. Dalam kunjungan para Ketua DAD Kaltim, Ketua PDKT, Ketua DADP, FDB, berikut perangkat perangkatnya tersebut, disambut hangat oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Imam Sugianto MSi didamping didampingi Dir Intelkam, Jumat (11/11) bertempat di Mapolda Kaltim.

Kapolda Kaltim menyampaikan, tujuan menjalin silaturahmi bersama Ketua DAD Kaltim, ketua PDKT, Ketua DADP, FDB ini adalah untuk menyamakan visi dengan Melibatkan para tokoh Aladat, dalam membantu cegah gangguan keamanan.
“Keamanan adalah menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama. Memang Polisi dan TNI yang terdepan, tetapi secara keseluruhan elemen masyarakat juga bertanggung jawab secara moral,” sebut Kapolda Kaltim.

“Beliau-beliau adalah patron di dalam interaksi sosial masyarakat. Beliau-beliau perlu kita rangkul, perlu kita sinergikan dengan aparat keamanan,” sebutnya.

Imam Sugianto menerangkan, dengan keterlibatan para tokoh masyarakat ini mengingat komposisi jumlah Polisi dibandingkan jumlah masyarakat yang jauh berbeda.
“Oleh karena itu dalam tatanan edukasi, persuasi dan sebagainya, kami masih memerlukan peran serta dan partisipasi aktif dari para tokoh adat atau tokoh masyarakat tersebut,” tuturnya.

Salah satu peran tokoh masyarakat, sebut Kapolda Kaltim, DAD Kaltim, Ketua PDKT, Ketua DADP, FDB mampu melakukan pencegahan maupun penyelesaian konflik secara mediasi.

“Penyelesaian konflik yang tidak perlu sampai ke meja hijau atau cukup dengan metode restorative justice. Itu semua dimediasi oleh tokoh-tokoh tersebut. Mereka yang menjamin, mereka yang memberikan saran-saran, nasehat dan penyelesaian yang baik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DAD Kaltim, Ketua PDKT, Ketua DADP, FDB menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Kapolda Kaltim atas respon undangan audiensi ini, sehingga ia bersama pengurus dan tokoh Adat se Kaltim lainnya bisa hadir di Polda Kaltim. (*/nyo/sar)