Mata Air Sumber Jeruk Karangsuko Pagelaran Dukung SPAM Untuk Atasi Problem Malang Selatan

NEWSNUSANTARA.COM – MALANG –  Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat  berkebutuhan air ,khususnya bagi  pelanggan , terus di gencarkan dan berkomitmen oleh Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang
Diantaranya dengan  meningkatkan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) , yang tujuannya untuk mengatasi problem kekeringan di Malang Selatan khususnya .
Wilayah Malang bagian selatan ,program SPAM akan melayani masyarakat di wilayah Kecamatan Gedangan, Sumber Manjing Wetan, Pagak, Donomulyo, Bantur, dan Kalipare.
“,Perumda Tirta Kanjuruhan sebagai Instansi penyedia air bersih, dengan dukungan penuh dari Pemerintah, berupaya untuk memenuhi kebutuhan air secara maksimal kepada masyarakat melalui pelayanan dari sistem penyediaan air minum (SPAM) ” terang Samsul Hadi selaku Direktur utama Rabu (13/7/2022).
Menurut Syamsul , Saat ini sebagai tahap awal, telah dilakukan dengan dengan pembangunan SPAM yang berada di kecamatan Sumber Manjing Wetan dan Gedangan, yang telah selesai pada akhir tahun 2021.
“,Untuk pembangunan SPAM Malang Selatan berikutnya, salah satu alternatif sumber air yang akan dimanfaatkan adalah Sumber Jeruk. Sumber air ini berada di wilayah Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran,” terangnya.
 Sumber Jeruk memiliki debit ± 960 liter / detik, yang akan dimanfaatkan untuk dapat memeberikan supplay air bersih ke Reservoar Desa Rejoyoso Kecamatan Bantur dengan rencana elevasi 307 meter.
 Untuk memastikan ketersediaan air pada Sumber Jeruk, beberapa saat yan lalu juga telah dilakukan tinjauan lapang, yang dilaksanakan oleh Tim Teknik dari Perumda Tirta Kanjuruhan bersama Tim dari PU SDA Kabupaten Malang.
,”Rencana pemanfaatan Sumber Jeruk nantinya akan diproyeksikan mampu menyediakan air bagi masyarakat di Kecamatan Bantur sekitar ± 3.500 pelanggan, Kecamatan Pagak ± 3.600 pelanggan, Kecamatan Kalipare ± 9.900 pelanggan dan Kecamatan Donomulyo ± 13.500 pelanggan,” urai Syamsul.
 Adapun untuk merealisasikan pembangunan SPAM dimaksud, akan memanfaatkan bantuan dana APBN yang saat ini masih dalam tahap usulan.(Hmz).