Siaga Jaga Perbatasan dan IKN, Lantamal XIII Tarakan Gelar Latihan Tempur dan Terjun Payung

 NEWSNUSANTARA.COM, TARAKAN – Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II melaksanakan rangkaian kegiatan asah naluri dan kemampuan tempur diantaranya dengan melaksanakan aksi penerjunan di wilayah Tarakan, Kalimantan Utara dan sekitarnya. Selasa (19/07/2022).

Dalam rangka pemantapan Latihan Infiltrasi dan Exfiltrasi, 7 personel Satkopaska Koarmada II melaksanakan terjun payung yang diangkut menggunakan Pesud NC 212 200 U-6216 dengan titik pendaratan di Lapangan Panglima Batur, Jl. Panglima Batur Kel. Pamusian Kec. Tarakan Tengah Kota Tarakan.

Latihan terjun payung ini merupakan latihan penyegaran untuk memelihara dan mengasah kemampuan dan naluri tempur prajurit Satkopaska Koarmada II, kemampuan terjun payung ini juga salah satu skill dasar yang harus dimiliki prajurit dalam mendukung pelaksanaan tugas khususnya saat melaksanakan operasi infiltrasi ke daerah musuh yang dapat dilakukan dalam waktu yang cepat, tepat, senyap dan rahasia.

FOTO:7 personel Satkopaska Koarmada II melaksanakan terjun payung

Latihan terjun payung yang dilakukan oleh Pasukan Elite TNI AL ini juga merupakan suatu bentuk latihan untuk memahami situasi dan kondisi medan di wilayah perbatasan sebagai bekal dalam melaksanakan tugas menjaga keamanan di wilayah Kalimantan Utara sebagai daerah penyangga wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

Penerjunan ini juga disaksikan langsung oleh masyarakat Kota Tarakan dan Siswa-siswi SMA Hang Tuah Tarakan. (*)