Babinsa Kopka Dapat Penghargaan dari Panglima TNI

BANGGA: Buah dari kepedulian dan sikap tanggap saat terjadi kecelakaan truk trailer, Kopka Azmiadi men dapat penghargaan dari Panglima TNI.
BANGGA: Buah dari kepedulian dan sikap tanggap saat terjadi kecelakaan truk trailer, Kopka Azmiadi 
dapat penghargaan dari Panglima TNI.

NEWSNUSANTARA.COM SAMARINDA – Prajurit Kodim 0901 Samarinda yang bertugas sebagai Babinsa Sungai Dama Kopral Kepala (Kopka) Azmiadi menerima penghargaan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dalam momen Rapat Pimpinan (Rapim) TNI di Gedung Pusat Sejarah TNI, Jakarta, Kamis (9/2/2023). Penghargaan itu dia persembahkan buat warga Samarinda, Kalimantan Timur, khususnya warga Sungai Dama.

Laksamana Yudo Margono hadir dalam Rapim TNI sore ini usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Utara.

Ada 20 prajurit TNI menerima penghargaan Panglima TNI. Sepuluh dari TNI Angkatan Darat, 5 dari TNI Angkatan Laut, dan 5 lagi dari Angkatan Udara.

Kopka Azmiadi didampingi Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi SH MH mengatakan, Kopka Azmiadi menjadi satu-satunya penerima penghargaan dari Kalimantan.

“Alhamdulillah. Penghargaan diserahkan langsung Bapak Panglima TNI didampingi tiga kepala staf. Bapak Kasad, Bapak Kasau dan Bapak Kasal,” kata Azmiadi dalam pernyataannya saat dihubungi media.

Penghargaan itu berupa Piagam Penghargaan atas prestasinya sebagai inisiator untuk mengevakuasi truk trailer yang menghambat lalu lintas selama 16 jam di Jalan Otto Iskandardinata Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda sehingga dapat mengharumkan nama TNI dan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia.

Piagam itu ditandatangani langsung Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Azmiadi mengungkap perasaan dia usai menerima penghargaan dari orang nomor satu di TNI itu, di hadapan para Jenderal dari Sabang sampai Merauke. Baik dari TNI AD, TNI AU dan TNI AL.

“Rasa haru, rasa bangga dan terhormat sekali bagi saya dan keluarga. Yang jelas, kayak dalam mimpi saja. Subhanallah hari ini seumur hidup saya berjabat tangan langsung dengan Bapak Panglima TNI setelah menerima penghargaan,” ujar Azmiadi.

“Tidak permah terpikirkan seorang Kopral Azmiadi, apalagi termimpi, apalagi bisa jabat tangan dan bisa foto bersama dengan beliau (Panglima TNI),” ujar Azmiadi menambahkan.

Panglima TNI juga menyampaikan pesan kepada Azmiadi usai memberikan penghargaan itu.
“Hanya satu pesan beliau tetap semangat, jangan kendor. Jangan ragu berbuat kebaikan demi masyarakat banyak, bangsa dan negara,” kata Azmiadi menirukan pernyataan Laksamana Yudo Margono.

Sehari kemudian, Jumat 10 Februari 2023, Azmiadi diminta kembali ke markas besar (Mabes) TNI AD.
“Besok akan ke Mabes AD. Insya Allah kami akan dipanggil ke Mabes TNI AD. Acaranya belum tahu,” Azmiadi menambahkan.

Azmiadi kembali tidak menyangka menerima penghargaan dari Panglima TNI. “Ternyata penghargaan dari Panglima TNI. Terima kasih Bapak Panglima TNI. Yang saya terima ini, saya persembahkan untuk seluruh warga Samarinda. Khususnya untuk warga Sungai Dama,” demikian Azmiadi. (*/nyo/sar)