Belajar Pengelolaan Kabupaten Sehat di Bone

BERAU,NEWSNUSANTARA,Pemerintah Kabupaten Berau melakukan kaji banding ke Kabupate Bone. Dalam hal ini, Berau ingin melihat langsung sekaligus belajar dalam mengelola kabupaten sehat. Dimana Kabupaten Bone merupakan salah satu daerah yang telah mencapai status Kabupaten Sehat atau Swasti Saba kategori wistara yang merupakan kategori tertinggi.
Sementara saat ini, Berau telah meraih penghargaan kabupaten sehat tingkat padapa atau pemantapan. Dalam klasifikasinya, penghargaan Swasti Saba ini dibagi dalam tiga kategori yaitu, penghargaan PADAPA, jika mengikuti penilaian minimal 2 tatanan, penghargaan WIWERDA, jika mengikuti penilaian 3 – 4 tatanan dan penghargaan WISTARA, jika mengikuti lebih dari 5 tatanan atau lebih dan penghargaan disampaikan langsung oleh Presiden.
Kunjungan ini diterima langsung oleh Wabup Bone, Ambo Dalle, Kamis (13/2) di rumah dinas jabatan bupati. Hadir pula dalam penyambutan ini seluruh anggota forum Bone Sehat.
Dalam sambutannya, Wabup Bone, Ambo Dale, menyampaikan apresiasi atas kunjungan tersebut. Ia berharap kunjungan ini bisa menjadi motivasi dalam peningkatan dan mewujudkan kabupaten sehat. Dijelaskan bahwa saat ini Bone menjadi satu-satunya daerah yang sukses di Sulawesi Selatan bahkan Indonesia dalam mewujudkan kabupaten sehat. “Ini berkat kerja sama seluruh pihak, bahkan hingga tingkat desa telah memiliki forum sehat,” jelasnya.
Sementara Bupati Berau, Muharram mengharapkan melalui kaji banding ini bisa memberikan pembelajaran kepada Berau dalam merealisasikan Berau sehat. Saat ini Berau telah memulai dan mendapatkan penghargaan awal. “Kedepan tentu diharapkan bisa menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.