Belanja Kebutuhan Makanan Dari Rumah

PESAN ONLINE : Masyarakat bisa memesan bahan pokok yang ada di pasar melalui sistem online.

NEWSNUSANTARA,TANJUNG REDEB – Kementerian Perdagangan memberikan arahan kepada setiap daerah untuk penerapan belanja online di masyarakat. Dalam hal ini, masyarakat bisa tetap di rumah tanpa harus turun langsung ke pasar. Tentu program ini merupakan salah satu langka dalam mengatasi penyebaran covid-19.

Di Kabupaten Berau, program ini masih dalam tahap pendataan seluruh pedagang yang akan mengikutinya. Disampaikan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau, Wiyati, pihaknya telah mengarahkan KUPP Pasar untuk melakukan pendataan kepada seluruh pedagang yang akan mengikuti program tersebut. “Saat ini masih pedagang ayam saja yang telah terdata. Masih proses pendataan ke pedagang lainnya. Mungkin dalam waktu dekat sudah bisa diterapkan,” jelasnya.

Dalam program belanja mudah dari rumah ini, dikatakan Wiyati bahwa masyarakat itu mendapatkan kemudahan. Tinggal menghubungi pedagang yang bersangkutan saja, maka pesanan bisa diantarkan langsung ke rumah. “Jadi seperti sistem pesanan online yang sekarang ini sudah berjalan. Kita dari pemerintah nantinya membantu untuk pemasaran saja ke masyarakat. Sementara untuk pengantaran itu diserahkan ke pedagang masing-masing. Sehingga perlu didata terlebih dahulu, mana saja pedagang yang bersedia untuk mengikuti program tersebut,” jelasnya.

Di beberapa daerah, program belanja mudah dari rumah ini telah diterapkan. Seperti yang telah diarahkan oleh Kementerian Perdagangan. Diharapkan dengan sistem ini, intensitas berbelanja yang ada di pasar dapat dikurangi. “Ini juga akan memudahkan para pedagang untuk memasarkan barangnya. Nanti masyarakat tinggal memilih saja mau beli barang apa, ayam, sayur atau bahan pokok lainnya. Tinggal menghubungi nomor pedagang yang ada. Kemudian transaksinya seperti toko online, bayar setelah barang samp