Berau Coal Gelar Syukuran di KAT Petung.

 

NEWSNUSANTARA,BERAU– Puluhan masyarakat komunitas adat terpencil (KAT) Petung, Kampung Merancang Ulu, Gunung Tabur telah menunggu kedatangan manajemen PT Berau Coal. Mereka berkumpul untuk menanti acara syukuran rumah baru yang masuk dalam program PT Berau Coal.

Syukuran serah terima 4 unit rumah ini sendiri digelar pada Rabu (19/2) sekira pukul 14.00 wita. Ketua RT 05 Merancang Ulu Arbain menuturkan, rasa terimakasihnya kepada PT Berau Coal atas kepedulian mereka terhadap warganya.
“Sekarang lebih dekat jalan raya. Akses kemana-mana sudah dekat,” ujarnya kepada newsnusantara.
Peresmian ini sendiri ditandai dengan pembacaan doa, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng serta pemberian plakat kepada warga yang menerima rumah dari program PT. Berau Coal.
“Selain bantuan rumah, kami juga berharap adanya pelatihan dari PT Berau Coal, agar kedepannya kami bisa mandiri,” ucapnya.
Sementara itu, Ajis salah seorang warga yang menerima rumah tersebut bersyukur. Pasalnya dilokasi yang lama akses yang ditempuh cukup jauh. Terlebih jika musim hujan, tentu akan susah beraktifitas.
“Bersyukur pastinya. Saya juga ucapkan rasa terima kasih dan merasakan manfaat keberadaan operasional PT Berau Coal,” katanya.
Ia sendiri mulai berkemas-kemas barang untuk meninggali rumah tersebut. Ia mengaku tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk membangun rumah tersebut.
“Murni ini bantuan dari PT Berau Coal semua,” katanya.
Kepala Kampung Merancang Ulu, Andi Marpai mengatakan bantuan yang diberikn PT Berau Coal ini termasuk bantuan yang komplit. Selain rumah, warga juga dipasangkan listrik.
“Terasa sekali keberadaan operasional PT Berau Coal. Mereka membawa warga ini dari pedalaman, menuju ke akses yang lebih mudah dijangkau,” ujarnya.
Community plan and control superintendent PT Berau Coal Fajriannur menuturkan, serah terima 4 unit rumah ini sendiri merupakan program pemberdayaan masyarakat (PPM) KAT. Ini merupakan program lanjutan tahap kedua . Dimana pada tahun 2018 merupakan bantuan tahap pertama. Sementara untuk tahun 2020 ini, PT Berau Coal berencana akan membangun 8 unit.
“Peresmian dan serah terima ini merupakan program ditahun 2019. Sebelumnya kami juga menyerahkan bantuan sebanyak 4 unit rumah di KAT Km 2 Lati, Kampung Sambakungan,” ucapnya.
Lebih lanjut, Fajri menerangkan, bahwa ini memang program PT Berau Coal dalam membantu perekonomian masyarakat. Selain itu, pemberiaan pelatihan pertanian juga akan dibantu oleh PT Berau Coal.
“Yang kami inginkan, masyarakat KAT ini kedepannya bisa mandiri dalam berbagai hal. Ada pun 4 KK yang menerima bantuan tersebut yakni, Majai, Ligur, Ajis dan Darno,” pungkasnya.