Boeing 737 Akan Mendarat di Kalimarau Tahun 2020

Bandara Kalimarau masih pesawat berukuran kecil dan sedang, seperti ATR 72, Boeing 737-300 dan Bombardier.
 

NEWSNUSANTARA.COM,TANJUNG REDEB – Pada tahun 2020 mendatang, Bandara Kalimarau akan didarati oleh pesawat jenis Boeing 737-800 Next Generation. Tak hanya itu saja, rute penerbangan pun akan menyesuaikan dengan masuknya pesawat berbadan lebar tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Berau, Abdurrahman. Disampaikan bahwa Bandara Kalimarau bakal memiliki rute direct atau langsung ke kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta seiring dengan masuknya pesawat jenis Boeing.

Abdurrahman mengakui, selama ini Bandara Kalimarau belum tersedia rute langsung menuju kota-kota besar di Pulau Jawa, lantaran pesawat yang beroperasi masih pesawat berukuran kecil dan sedang, seperti ATR 72, Boeing 737-300 dan Bombardier. “Kita selama ini kan harus melalui Balikpapan atau Samarinda. Bisa juga lewat Tarakan. Nah, informasi yang saya terima dari Kepala Bandara Kalimarau, tahun 2020 nanti pesawat Boeing 737-800 Next Generation sudah bisa mendarat di Bandara Kalimarau,” ungkapnya.

Boeing 737-800 NG merupakan pesawat berbadan lebar dan memiliki kapasitas 189 penumpang.  Namun Abdurrahman mengaku belum mengetahui secara spesifik, maskapai mana yang bakal masuk membawa pesawat berbadan lebar ini. “Belum tahu dari maskapai mana, tapi yang jelas akan didarati pesawat berbadan lebar. Informasi ini saya dapat dari Kepala Bandara Kalimarau, hasil komunikasi bersama Kementerian Perhubungan,” ungkapnya.

Abdurrahman menilai, Bandara Kalimarau sudah siap untuk didarati pesawat berbadan lebar seperti Boeing 737-800 NG. “Karena sudah dilakukan uji kelayakan dan sudah bisa didarati pesawat besar, bahkan dengan panjang landasan pacu yang ada sekarang sudah mencukupi. Saat ini runway kita mencapai 2.250 meter,” ujarnya.

Meski begitu, Abdurrahman mengatakan, landasan pacu bandara yang dibangun oleh Pemkab Berau dengan anggaran Rp 450 miliar ini tetap perlu dilakukan penambahan panjang runway, untuk mengantisipiasi kebutuhan di masa mendatang. “Tinggal memperjuangkan penambahan rute penerbangan. Dengan masuknya Boeing 737-800 NG, akan ada penerbangan langsung ke Jakarta atau Surabaya tanpa harus singgah dulu ke Balikpapan,” ungkapnya.

Dengan adanya rute baru dan langsung menuju Jakarta dan Surabaya, kata Abdurrahman, maskapai penerbangan akan melirik rute ke Berau. “Karena potensi penumpang yang menuju dua kota itu (Surabaya dan Jakarta) cukup tinggi. Apalagi daerah kita ini memiliki objek wisata yang sudah dikenal luas, tentu ini memberikan keuntungan bagi daerah,” pungkasnya. (hms5)