Bupati Berau Juniarsih Hadiri PT Berau Coal Gelar Seremoni Serah Terima Beasiswa

NEWSNUSANTARA,BERAUPT Berau Coal menggelar seremoni serah terima beasiswa PT Berau Coal dan pelepasan peserta program magang unit bisnis ekonomi yang merupakan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Seremoni ini dihadiri oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih, Wakil Bupati Berau, Gamalis Direktur Politeknik Sinar mas, dan General Manager CSR PT Berau Coal Horas P Pardede, Kepada Dinas Pendidkan, Kepada DPMPK.

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik, Kris Adi Nugraha mengatakan, pihaknya berharap warga Kabupaten Berau khususnya yang berada di kampung lingkar operasional PT Berau Coal, bisa menikmati pendidikan tinggi.

“Perlu diketahui bahwa mahasiwa di Politeknik ini dididik dengan dilengkapi kemampuan akademik dan kemampuan kompeten,” ungkapnya.

Ditambahkannya, dalam tahun 2020 ini ada kelulusan dalam bidang survai pemetaan serta perawatan mesin. Selain itu, mahasiswa yang lulus dari Politeknik Sinar Mas Berau Coal ini juga dipastikan memiliki kemampuan bahasa Inggris memiliki toelf diatas 450.

“Perlu diketahui juga, bahwa para dosen yang mengajar di Politeknik Sinar Mas juga mempunyai kualifikasi S2 dari perguruan tinggi ternama sepertu UGM, ITS, ITB, dan lain-lain” terangnya.

Sementara itu, General Manager CSR PT Berau Coal, Horas P Pardede menambahkan jika PT Berau Coal sangat komitmen mendukung program pemerintah daerah khususnya pendidikan dan ekonomi.

“Pemerintah secara nasional memang mengakui bahwa pengembangan sumber daya manusia (SDM) merupakan hal yang prioritas, termasuk mendukung pengembangan pendidikan vokasi. Politeknik Sinar Mas Berau Coal ini pun hadir sebagai lembaga pendidikan vokasi yang berada pada sentra industri dan menjadi politeknik pertama di Bumi Batiwakkal,” tuturnya.

“Tujuannya untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal di daerah yang memiliki keahlian dan keterampilan di bidangnya, siap kerja, dan mampu bersaing secara global,” lanjut Horas.

Tidak berhenti di situ, untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa, PT Berau Coal melalui Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal juga memberikan beasiswa.

“Para mahasiswa yang menerima beasiswa ini, kami harap agar bisa belajar dengan baik dan serius agar bisa jadi mahasiswa yang bisa diandalkan dan bisa diserap oleh industri,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, PT Berau Coal juga melangsungkan agenda pelepasan peserta program magang unit bisnis ekonomi. Tujuan program magang ini, untuk mencetak generasi yang mandiri dalam kariernya dengan membuka usaha atau pengembangan ekonomi lainnya.

“Kami juga lakukan program magang unit bisnis dimana mereka akan magang diindustri pengolahan kakao, madu, beras dan perikanan. Harapan kami juga mereka bisa ikuti atau belajar proses dari awal hingga pengelolaan, dan kedepan bisa mengembangkan bisnis di kampung mereka,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Berau, Sri Juniarsih mengatakan atas nama pemerintah Kabupaten Berau mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada segenap jajaran PT Berau Coal, yang hari ini memberikan bantuan beasiswa untuk para pelajar di Kabupaten Berau.

“Saya kira, ini merupakan satu langkah yang mencerminkan keseriusan sekaligus konsistensi dari PT Berau Coal dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan profesional unggul di Kabupaten Berau, melalui pemberian bantuan dana pendidikan bagi anak-anak kita yang dinilai berprestasi dan memenuhi syarat,” kata dia.

Lanjut Bupati, hambatan utama bagi lulusan sekolah menengah atas di Kabupaten Berau saat memasuki dunia kerja adalah kurangnya keahlian yang mereka miliki. Akibatnya, daya saing pemuda cenderung lemah, sementara industri kesulitan menyerap tenaga kerja ahli.

“Untuk itu, pendidikan vokasi menjadi sangat penting dalam upaya pemenuhan kebutuhan tenaga kerja, terlebih di masa sekarang. Tidak dapat dipungkiri, angkatan kerja dengan kemampuan spesifik kini menjadi kebutuhan utama hampir di seluruh bidang usaha,” lanjutnya.

Pemerintah Kabupaten Berau sangat mendukung program-program peningkatan kualitas pendidikan semacam ini. Hal ini sejalan dengan misi Bupati yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sejahtera, dan berbudi luhur. Namun, cita-cita mewujudkan manusia cerdas akan sekadar cita-cita tanpa upaya penguatan di sektor pendidikan.

Selanjutnya, saya berharap, bantuan pendidikan ini juga akan mendorong semangat para pelajar untuk semakin mengharumkan nama Kabupaten Berau, terutama dalam menghadapi tantangan global di masa yang akan datang.

“Keberadaan Politeknik Sinar Mas Berau Coal sejatinya tidak hanya dimaksudkan untuk kepentingan Kabupaten Berau, tetapi juga untuk Kalimantan Timur, bahkan Indonesia. Politeknik Sinar Mas diharapkan senantiasa mampu menyiapkan ekosistem pendidikan dan mencetak tenaga kerja terampil, profesional, memiliki keahlian spesifik, serta berdaya saing,” pungkasnya.

Penerima beasiswa Jurusan Teknologi Rekayasa Logistik, Nur Linda Andriani mengatakan jika ini merupakan program yang sangat bagus karena bisa memberikan kesempatan bagi pelajar khususnya masyarakat lingkar tambang untuk sekolah tinggi.

“Harapan saya apa yang dipelajari nantinya bisa diaplikasikan dan bermanfaat untuk masyarakat khusunya di kampung,” ungkap mahasiswi asal Tumbit Dayak tersebut. (*)