Bupati Minta Kontrol Masyarakat Dalam Penggunaan Anggaran Melalui LAPOR SP4N

Bupati Berau hadiri sosialisasi Laporan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), di Hotel Bumi Segah, Selasa (15/11/22).
Bupati Berau hadiri sosialisasi Laporan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), di Hotel Bumi Segah, Selasa (15/11/22).

NEWSNUSANTARA,TANJUNG REDEB- Bupati Berau Sri Juniarsih, hadiri sosialisasi Laporan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), di Hotel Bumi Segah, Selasa (15/11/22).

LAPOR tersebut bertujuan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) untuk pelayanan publik yang lebih baik. Sri Juniarsih menyebut, LAPOR tersebut merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pelayan prima kepada masyarakat.

“Tujuan dari LAPOR! SP4N adalah menjamin hak masyarakat untuk menyalurkan aduan jenis apa pun kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya,” jelasnya.

Kemudian lanjut Sri Juniarsih, LAPOR! SP4N, sengaja dirancang sebagai instrumen pengawasan masyarakat kepada penyelenggara pemerintah daerah. Dan diharapkan dapat mencegah terjadinya tindakpidanaa korupsi dan mengurangi potensi konflik kejahatan penggunaan anggaran lainnya.

Di sisi lain, dengan LAPOR! SP4N ini, penyelenggara pelayanan juga dapat lebih mudah mengelola aduan masyarakat. Pada akhirnya, kualitas pelayanan publik kita akan mengalami peningkatan.

“Adanya LAPOR! SP4N ini, maka pelayan masyarakat akan lebih berhati-hati dan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang cepat dan memuaskan bagi masyarakat,” terangnya.

Dengan demikian, pelaksanaan sosialisasi ini menjadi penting untuk diikuti oleh para OPD. Sri Juniarsih menginginkan, para OPD memahami mekanisme LAPOR! SP4N dan menjadikannya sebagai titik mula strategis untuk mengembangkan profesionalitas kerja.

“Terutama di tengah laju perkembangan teknologi informasi saat ini,” tegasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemkab Berau memiliki komitmen kuat dalam meningkatkan tata pemerintahan yang bersih, berwibawa, transparan, dan akuntabel, yang dikaloborasikan dalam salah program perwujudan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berkualitas melalui SDM yang profesional berbasis digital teknologi.

“Hal ini sejalan dengan salah satu 18 program unggulan Pemkab Berau,” katanya.

Sri berharap, semua ASN di Kabupaten Berau dapat memberikan kontribusi terbaiknya terhadap pemerintah daerah guna mewujudkan bersama visi Kabupaten Berau yang Maju dan Sejahtera dengan SDM yang handal untuk transformasi ekonomi dalam peningkatan SDA secara berkelanjutan.

“Mari kita sukseskan program LAPOR! SP4N. Kita wujudkan tata kelola pemerintahan yang baik untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (/ADV).