Dorong Percepatan Penyaluran DD

ALOKASI DD : DPMK mendorong agar kampung bisa secepatnya mencairkan DD sehingga program BLT ke masyarakat bisa disalurkan.

NEWSNUSANTARA,TANJUNG REDEB – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau mendorong agar kampung bisa secepatnya mencairkan dana desa (DD). Hingga saat ini masih ada 40 kampung lagi yang belum mencairkan DD ini.

Kepala DPMK Berau, Ilyas Natsir menyampaikan bahwa kampung yang belum mencairkan DD ini tersebar di beberapa kecamatan, seperti Kecamatan Tanjung Batu, Kelay dan Sambaliung. “Dari informasi yang kita terima di BPKAD, kendala yang dihadapi yaitu input data dari kampung. Sebagian besar masuk ke Bankaltimtara Syariah. Sehingga harus diulang kembali,” jelasnya.

Kondisi ini disampaikan Ilyas sudah masuk dalam keterlambatan. Ia pun mendorong agar setiap kampung bisa secepatnya melakukan pengurusan administrasi dan memenuhi apa saja yang menjadi kekurangan. “Kita terus pacu sehingga pemanfaatannya bisa efektif. Jadi saya himbau kepada camat dan kepala kampung bisa secepatnya mengurus ini,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pada tahun ini terdapat perubahan dalam penggunaan DD ini. Dimana ada penyaluran BLT kepada masyarakat yang kurang mampu karena dampak pandemic covid-19 saat ini. “Kalau sudah cair bisa langsung disalurkan kepada masyarakat yang telah didata sebelumnya. Untuk masyarakat yang mendapatkan BLT ini yaitu harus memenuhi minimal 9 syarat dari 14 syarat yang ditentukan,” imbuhnya.

Dalam penyaluran nantinya juga harus memperhatikan persyaratan yang telah ditentukan sehingga tidak terjadi persoalan dikemudian hari. “Tetap kita harus ada aturan yang diikuti. Karena sekarang ini banyak bantuan yang diberikan. Jangan sampai terjadi tumpang tindih,” pungkasnya. (hms5