Dua Kampung Lantik Perangkat Kampung

DILANTIK : Perangkat kampung di Gurimbang dan Sei Bebanir Bangun secara resmi dilantik.

NEWSNUSANTARA,TANJUNG REDEB – Dua kampung melakukan pelantikan perangkat kampung, pekan lalu. Sebanyak enam perangkat kampung dari Kampung Sei Bebanir Bangun dan lima dari Kampung Gurimbang dilantikan langsung oleh kepala kampung masing-masing. Pelantikan dihadiri juga oleh Camat Sambaliung, Nazaruddin.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Sambaliung, Aldo menyampaikan bahwa pelantikan ini merupakan bagian dalam peningkatan aparatur kampung yang handal dan profesional. Dimana sebelum terpilih, para aparatur kampung ini harus mengikuti seleksi terlebih dahulu yang dilakukan pada bulan Februari 2020 lalu. Seleksi aparatur kampung ini dilakukan secara bertahap mulai tingkat kampung hingga kecamatan.

Seleksi yang dilakukan ini dibagi dalam 3 tahapan, pertama seleksi tertulis kemudian wawancara dan praktek komputer. Pada seleksi wawancara ini, akan diberikan kesempatan kepada seluruh kepala kampung untuk melakukan wawancara, didampingi pihak panitia kecamatan. “Mereka juga harus bisa mengoperasikan komputer. Karena ini jamannya IT. Semuanya berjalan secara online, baik penyusunan rencana kerja ataupun pelaporan. Kita harapkan mereka bisa memberikan sumbangsih pemikiran kepada kepala kampung,” jelasnya.

Seleksi yang dilakukan ini diharapkann menghasilkan aparatur yang memiliki kompetensi. Dan bisa memberdayakan masyarakat di sana yang memiliki pendidikan tinggi. “Kita harapkan orang dari kampung dan memilki SDM yang bagus. Jadi sarjana yang ada ini bisa diberdayakan maksimal dalam membantu pembangunan di kampung,” tegasnya.

Sementara Camat Sambaliung, Nazaruddin mengharapkan dengan mewujudkan aparatur yang profesional ini maka target-target yang telah ditetapkan pemerintah bisa dicapai oleh seluruh kampung. Dengan bantuan aparatur yang telah diseleksi secara profesional. “Semoga desa membangun bisa berjalan dengan baik, potensi yang ada di kampung bisa dikelola, membangun desa melalui ADK bisa manfaatkan dengan transparan dan jujur dan tidak ada penyalahgunaan kewenangan. Karena sekarang lebih solid dengan adanya tes. Tidak ada lagi pengaruh hubungan kedekatan, sehingga pemerintahan bisa berjalan profesional,” katanya.

Ia juga menghimbau agar pemerintah kampung tetap memperhatikan protocol kesehatan dalam setiap kegiatan yang ada. “Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini pandemic covid-19 masih terjadi, tentu kesehatan tetap harus dijaga sebagai antisipasi penyebaran virus ini,” pungkasnya. (hms5)