PT Berau Coal Serah Terimakan Booth Pedagang di Kelurahan Sambaliung

NEWSNUSANTARA,BERAU-Selasa (6/4/2021), PT Berau Coal melaksanakan kegiatan Serah Terima Booth UMKM Berau Ciptausaha Program Kerja Sama PPM PT Berau Coal dengan Kelurahan Sambaliung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Berau Sri Juniarsih, Wakil Bupati Berau Gamalis, Ketua DPRD Berau Madri Pani, Ketua PKK Berau Sri Aslinda Gamalis, Lurah Sambaliung, Sultan Sambaliung Sultan Raja Muda Perkasa Datu Amir, dan tokoh masyarakat setempat setempat.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal dengan Kelurahan ini.

Dukungan Booth UMKM tersebut, dikatakan Horas Parsaulian Pardede selaku, GM CSR PT Berau Coal, berawal dari upaya PT Berau Coal untuk mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Berau umumnya dan di Kelurahan Sambaliung khususnya, agar berdaya saing dan mandiri secara ekonomi.

“Seperti kita ketahui, pandemik Covid-19 telah menekan perekonomian Indonesia, begitu juga yang terjadi di Kabupaten Berau. Melalui dukungan program PPM ini, harapannya dapat membantu dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Dalam hal ini, PT Berau Coal berkontribusi memberikan 30 buah booth yang akan digunakan oleh pelaku usaha di sepanjang tepian Sambaliung.

Dengan adanya tatanan booth UMKM yang rapi, seragam, dan hiegienis, diharapkan akan menjadi ciri khas tersendiri. Selain mendorong geliat peningkatan ekonomi masyarakat, juga bertujuan mendukung pengembangan promosi wisata budaya dan sejarah Keraton Sambaliung.

“Yang kami jalankan, komitmen untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Berau dalam berbagai pilar terus kami wujudkan, terutama fokus pada pilar pendidikan dan ekonomi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang siap kerja dan mendorong geliat dan peluang-peluang ekonomi untuk masyarakat. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama dan dukungan yang baik dari semua pihak selama ini sehingga secara umum perjalanan program PPM melalui berbagai pilar yang dijalankan oleh PT Berau Coal dapat berjalan lancar,” ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada para pedagang yang mendapatkan booth, agar dapat menjaga booth tersebut. Selain itu Bupati juga meminta pedagang menjaga kebersihan, kelestarian dan keasrian sekitar tempat jualan, yang harus menjadi perhatian bagi para pedagang. Tujuannya, agar nantinya bisa dinikmati sampai generasi selanjutnya.

Selain itu, Lurah Sambaliung Didi Mulyadi, turut mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Berau Coal. Dirinya berharap, dengan adanya booth ini, juga bisa menjadi magnet bagi wisatawan yang datang ke Berau. Apalagi, tepian Sambaliung juga sudah memiliki track mangrove, yang menjadi salah satu spot instagramable bagi masyarakat Berau.

“Aktivitas jual beli di Kecamatan Sambaliung ini cukup tinggi. Dengan jumlah pedagang yang juga banyak yakni 65 orang khususnya di tepian Sambaliung, tentu bantuan yang diberikan akan sangat membantu para pedagang. Mereka bisa lebih rapi dan bersih saat berdagang, dan akan menarik minat pengunjung lebih banyak lagi,” tuturnya.

Salah satu pedagang yang diseleksi dan mendapat bantuan booth, Musinam, mengaku sangat senang dengan adanya booth tersebut.

“Saya sangat berterimakasih sudah diberi booth ini. Sudah tujuh tahun saya berjualan di tepian Sambaliung ini, tapi dengan rombong dorong yang setiap harinya harus bongkar pasang.

Sekarang, dengan booth ini saya tinggal menata semua dagangan saya dan bisa langsung menutup booth-nya saat selesai berjualan,” jelasnya. (Tim)

Bupati Berau, Sri Juniarsih, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan hal ini merupakan satu langkah pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi.

“Saya berharap, bantuan booth ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pedagang. Dan mudahan dukungan-dukungan lain juga bisa diberikan ke kecamatan lain, khususnya yang juga menjadi daerah kerja atau lingkar tambang PT Berau Coal,” katanya.