Seleksi Calon Warga, PSHT Cabang Berau Lakukan Pendadaran Kepada 290 Siswa

Pendadaran calon warga PSHT Cabang Berau yang diikuti 290 siswa diselenggarakan di Lapangan Gunung Tabur, Minggu (12/5/2024

TANJUNG REDEB – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Berau menggelar Pendadaran Calon Warga se Kbupaten Berau, Tahun 2024, di Lapangan Gunung Tabur, Kecamatan Gunung Tabur, pada Minggu (12/05/2024).

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Wakil Ketua 1 SH Terate Cabang Berau, Kang Mas Agus Sutikno sekaligus sebagai ketua panitia.

Menurut Agus, pendadaran ini adalah salah satu tes atau seleksi dalam masa latihan para siswa sebelum disahkan menjadi warga (anggota) PSHT. Adapun sisa mengikuti pendadaran, sebelumnya telah melalui beberapa tes kenaikan sabuk. Mulai dari polos, jambon, hijau dan putih.

“Pendadaran itu adalah seleksi sebelum disyahkan sebagai warga PSHT. Jumlah siswa atau calon warga (Cawar) yang mengikuti pendadaran tahun ini sebanyak 290 cawar,” katanya.

Pendadaran calon warga PSHT Cabang Berau yang diikuti 290 siswa diselenggarakan di Lapangan Gunung Tabur, Minggu (12/5/2024

Jumlah tersebut diakuinya, mengalami peningkatan dari tahun lalu yang hanya sejumlah 197 cawar saja. Adapun pesertanya berasal dari 10 ranting yang ada di cabang Berau yaitu, Ranting Tanjung Redeb, Sambaliung, Gunung Tabur.

Ada juga Ranting Teluk Bayur, Talisayan, Tabalar, Ranting Batu Putih, Pulau Derawan, Kelay dan Ranting Segah.

“Cawar tahun ini terdiri dari berbagai macam suku, ras, dan agama. Di PSHT tidak memandang perbedaan, karena sejak menjadi siswa hingga menjadi warga diajarkan rasa persaudaraan,” paparnya.

Dalam proses pendadaran, para cawar ini di beri beberapa tes atau materi beragam. Di antaranya ialah, tes ketahanan fisik, tes mental, gerakan kolosal senam dan jurus, dan sambung persaudaraan sparing.

“Serta wejangan/Ke-SHan dan di akhiri dengan lari keliling,” terangnya.

Ditegaskan Agus, PSHT Berau juga berkomitmen, untuk melakukan pengembangan prestasi atlet pencak silat di Kabupaten Berau.

Apalagi, tahun lalu banyak atlet remaja dari PSHT, berhasil memperoleh berbagai medali. Mulai emas, perak hingga perunggu, baik di tingkat daerah, provinsi, maupun nasional.

“Ini pencapaian yang bagus. Ditambah peminat remaja dibawah umur 20 tahun, kami fokuskan untuk menjadi atlet pencak silat. Agar bisa tanding dan meraih prestasi mengharumkan nama Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, Ketua SH Terate Cabang Berau, Kang Mas Tri Hermanto juga memberikan pembekalan kepada calon warga. Setelah melalui beberapa tahapan latihan dan tes, diharapkan para calon warga selalu setia dan loyal kepada organisasi ,serta turut menjaga perdamaian di Kahupaten Berau.

“Calon Warga SH Terate harus bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, menjadi manusia yang berbudi luhur tahu benar dan salah,” katanya.

“Kami keluarga besar PSHT Cabang Berau – Pusat Madiun siap bersinergi dengan aparatur pemerintah, TNI/POLRI dan masyarakat,” tutupnya. (*/)

Reporter: Hendra Irawan