Tiga Desa di Kecamatan Jabung Gelar Pilkades Sekaligus

Bupati Malang H.M.Sanusi
NEWSNUSANTARA.COM –  MALANG -Di kecamatan Jabung Kabupaten Malang dalam pemilihan kepala.Desa.serentak melibatkan tiga Desa.
 Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Malang  digelar  hari ini Minggu (5/12/2021).
Sekitar  12 desa yang mengadakan Pilkades serentak tahun 2021 di daerah yang dipimpin oleh Bupati Malang H.M.Sanusi ini.
Anggaran yang digelontorkan pun tidak sedikit karena penyelenggaraan kali ini berada di tengah masa pandemi.
 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang dalam.datanya menerangkan bahwah ada 12 desa yang tersebar di 8 kecamatan tercatat tidak memiliki Kepala Desa.
 Kemudian, hanya di Kecamatan Jabung yang memiliki desa terbanyak dalam mengikuti Pilkades serentak tahun 2021ini.
Camat Jabung Drs. Hadi Sucipto di tempat kerjanya mengatakan “Saat ini memang ada tiga desa posisi kepala Desa yang kosong di kecamatan. Jabung Kabupaten Malang, oleh karena itu kami akan adakan Pilkades. Pelaksanaan Pilkades tetap dijalankan sesuai Permendagri Nomor 72, pakai prokes dan di tiap TPS jumlah pemilihnya dibatasi, maksimal 500 orang per TPS,” ujar Hadi.
Ke-3 desa yang mengikuti Pilkades serentak yaitu Desa Kemiri, Sukolilo dan Kenongo
sementara untuk pembiayaan Pilkades ini selain bersumber dari APBD Kabupaten Malang, juga dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).
“Yang dari APBDes itu dapat diambil dari DD/ADD. Tapi khusus untuk pendukung SOP (Standar Operasional Prosedur) kesehatan, seperti pembelian masker, Hand sanitizer dan sebagainya,” terangnya.
Dengan harapan semoga kades terpilih nanti bisa amanah dan bermanfaat  bagi desanya .  (Hamzah).