Tradisi Mag’ Jamu Bagian Promosi Wisata

DUKUNG : Tradisi Mag’Jamu menjadi bagian dalam promosi wisata di Berau.
 
NEWSNUSANTARA,BERAU – Pelaksanaan tradisi Mag’Jamu Suku Bajau Kampung Tanjung Batu mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Berau. Kegiatan ini menjadi bagian dalam promosi pariwisata daerah khususnya wisata budaya.
Untuk diketahui, Kabupaten Berau memiliki destinasi unggulan. Tak terlebih destinasi budaya. Tiga suku asli Berau yaitu Banua, Bajau dan Dayak memiliki kebudayaan yang berbeda. Ini lah yang dikemas menjadi suatu daya tarik wisata.
Pjs Bupati Berau, M Ramadhan yang mengikuti prosesi adat Mag’ Jamu ini memberikan apresiasi kepada masyarakat suku Bajau Kampung Tanjung Batu yang masih mempertahankan tradisi warisan para leluhur. Ia berharap, budaya asli ini terus dipertahankan. Pemerintah daerah tegas dia, mendukung upaya pelestarian melalui kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini.
“Prosesi ini juga menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Kabupaten Berau. Tidak semua negara memiliki budaya semacam ini sehingga mereka yang ingin melihat dan menyaksikan langsung prosesi Mag’Jamu harus datang ke Kampung Tanjung Batu,” katanya.
Menurutnya tradisi yang mencerminkan daerah ini harus selalu dilaksanakan. Sehingga bisa bertahan hingga ke generasi berikutnya. Karena tradisi merupakan bagian sejarah untuk mengenang nenek moyang. “Saya apresiasi kegiatan ini masih tetap berjalan,” tegasnya.
Sementara Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK juga memberi dukungan penuh dan berharap tradisi yang dilaksanakan masyarakat Tanjung Batu ini dapat dipertahankan dan terus dilestarikan. Pemerintah daerah diharapkannya memberikan dukungan sehingga kegiatan ini dapat dikemas semakin baik lagi sebagai bagian daya tarik pariwisata. “Tentu ini bisa mendatangkan banyak wisatawan,” katanya.(AS)