1777 Siswa SD dan SMP Dapat BSM

AKAN DIBERIKAN : Tahun ini Dinas Pendidikan Kabupaten Berau mengalokasikan anggaran BSM kepada 1777 siswa SD dan SMP.

NEWSNUSANTARA,BERAU – Tahun ini Dinas Pendidikan Kabupaten Berau mengalokasikan anggaran untuk bantuan siswa tidak mampu (BSM). Total BSM yang disalurkan sebanyak 1.777 untuk siswa SD dan SMP. Penyalurannya akan dilakukan pada pertengahan bulan Juli mendatang.
Sekretaris Dinas Pendidikan Berau, Suprapto menerangkan, untuk BSM tingkat SD akan disalurkan kepada 897 siswa, sementara SMP 880 siswa. Selain itu, Disdik juga menyalurkan beasiswa berprestasi kepada 75 siswa SD. Untuk besarannya, BSM siswa SD senilai Rp 1 juta dan SMP senilai Rp 2 juta. “Saat ini kita masih dalam proses pendataan. Masih menunggu dari sekolah, setelah itu kita verifikasi ulang,” jelasnya.
Dengan adanya pemberiaan BSM ini diharapkan bisa membantu dalam proses pendidikan. Sekaligus agar setiap siswa dapat terpacu untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikannya. “Kita berharap dengan beasiswa ini bagi siswa yang kurang mampu membantu mereka agar dapat menempuh pendidikan. Dan bagi yang berprestasi kita harapkan terus memacu semangat dalam berprestasi. Apalagi di tengah situasi yang terjadi saat ini, tentu ini akan sangat membantu para orang tuanya. Dalam program ini kita utamakan yang memiliki kartu berau sejahtera (KBS),” ujarnya.
Penyaluran beasiswa ini disampaikan setiap tahun. Ini pun menjadi program prioritas dari Disdik. Mengingat masih banyak siswa kurang mampu dalam menempuh pendidikan ini, padahal dari segi prestasi baik secara akademik maupun luar akademik cukup bagus. Program ini juga untuk memperbaiki sumber daya manusia (SDM) di Bumi Batiwakkal. “Agar SDM di sini bisa lebih bagus, minimal menempuh pendidikan 12 tahun. Jadi jangan sampai putus di tengah jalan, harus diselesaikan sampai tuntas. Dan dengan pemberian beasiswa ini menjadi salah satu upaya kita untuk memenuhinya,” tegas Suprapto.
Selain siswa SD dan SMP, alokasi anggaran senilai Rp 4,4 miliar juga diperuntukan dalam penyaluran program beasiswa bagi mahasiswa jenjang pendidikan D2/D3/D4/S1 yang sedang menempuh pendidikan baik di dalam maupun luar Kabupaten Berau dan pelajar SMA/SMK/MA. Sama seperti tahun sebelumnya, dalam program beasiswa ini, akan menerima Rp 3 juta/tahun untuk mahasiswa dan 2 juta/tahun untuk pelajar SMA/sederajat.
Pemerintah Kabupaten Berau memberikan dua mekanisme dalam pemberian beasiswa ini, yaitu beasiswa stimulan/tidak mampu/miskin dan beasiswa prestasi akademik. Namun pemberian beasiswa akan diutamakan terlebih dahulu kepada yang tidak mampu.
Program beasiswa Berau Gemilang tahun ini diperuntukan kepada 700 pelajar untuk jenjang SMA/sederajat dan 1000 untuk program D2/D3/D4/S1. (hms5)