Dukung Peningkatan SDM Melalui Perpustakaan Digital

Newsnusantara,Berau – Pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan telah meluncurkan aplikasi perpustakaan digital iBerau. Aplikasi ini pun bisa menjadi solusi bagi para pelajar yang saat ini tengah menjalankan aktivitas belajar di rumah masing-masing. Dengan adanya perpustakaan digital ini ditargetkan dapat meningkatkan kualitas SDM di Bumi Batiwakkal.
MANFAATKAN : Pemkab Berau memanfaatkan perkembangan dunia digital dalam meningkatkan SDM di Bumi Batiwakkal.
Aplikasi Perpustakaan Digital iBerau ini menciptakan layanan perpustakaan tanpa batas. Dengan aplikasi tersebut diharapkan mampu mempermudah akses masyarakat terkait bahan bacaan guna mewujudkan peningkatan minat baca melalui e-book.
iBerau ini pun diciptakan untuk melindungi konten dari suatu informasi yang diterima hingga valid datanya. Hal ini memberikan kenyamanan pada masyarakat. Dalam aplikasi ini diisi oleh epustaka yang bisa diisi oleh berbagai instansi. Saat ini ada beberapa epustaka yang telah diisi oleh perorangan ataupun instansi dan sekolah.
“Epustaka ini berisi kumpulan e-book dari yang mengisi. Jadi kita beri ruang kepada siapa saja yang ingin membuka epustaka untuk bisa dibaca yang lain. Saat ini sudah ada enam epustaka yang terisi. Saat ini sudah ada ribuan e-book yang tersedia di sana.,” ujar Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Berau, Hendratno.
Dalam mendukung perpusatakaan digital ini, tahun ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan akan menambah 200 judul buku. Diharapkan dengan tambahan ini menjadi pilihan kepada para pelajar untuk lebih aktif lagi dalam membaca. “Ini menjadi agenda utama kita untuk lebih meningkatkan minat baca. Karena membaca ini merupakan bagian penting dalam meningkatkan SDM di Berau,” imbuhnya.
Ia mengatakan bahwa dalam menikmati e-book yang ada di iBerau ini sangat mudah. Tinggal mendaftar saja kemudian divalidasi melalui email. Dan aplikasi ini pun akan sangat membantu kepada para pelajar.  “Didownload melalui play store kemudian registrasi, setelah itu validasi. Setelah jadi member maka e-book yang ada di dalam bisa dipinjam selama tiga hari,” jelasnya