Evaluasi Penangulangan Covid-19 di Berau

NEWSNUSANTARA,TANJUNG REDEB – Tim Gugus Tugas penangulangan covid-19 mengelar rapat terbatas, Senin (28/6) di kantor Bupati berau. Rapat ini merupakan evaluasi dan antisipasi meluasnya penyebaran covid-19 di Bumi Batiwakkal.

Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas didampingi Wakil Bupati Berau, Gamalis. Dalam rapat ini dibahas mengenai tren kenaikan kasus yang terjadi dalam beberapa Minggu terakhir ini.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Berau, saat ini total pasien yang terpapar covid-19 mencapai 203 baik yang dirawat di rumah sakit ataupun isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Melalui rapat ini diharapkan ada kesepajatan bersama yang akan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran semakin meluas. Bupati Sri Juniarsih mengatakan, keadaan saat ini semakin

mengkhawatirkan. Sehingga diperlukan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya. “Saat ini beberapa lokasi sudah masuk kembali dalam zona merah. Kita perlu langkah cepat sebelum meningkat seperti sebelumnya,” katanya.

Saat ini beberapa hal yang telah dilakukan yaitu penyemprotan 6000 liter disinfektan di jalan-jalan protokol. “Dalam waktu dekat juga patroli untuk penerapan protokol kesehatan perlu digencarkan lagi. Termasuk koordinasi dengan satker yang ada di tingkat kelurahan dan kecamatan,” jelasnya.

Kepala Dinkes Berau, Iswahyudi menjelaskan, sebagian besar kasus yang terpapar ini merupakan pelaku perjalanan. Dan saat ini para pasien yang terpapar masuk dalam gejala ringan. Sehingga sebagian melakukan isolasi mandiri di rumah. “Kita juga melakukan tracking terhadap para pelaku perjalanan ini untuk antisipasi penyebaran lebih luas,” paparnya.(ED)