Jemput Bola, Binda Kaltara Vaksin Penumpang Tiba di Tarakan


NEWSNUSANTARA.COM, Tarakan – Pelaksanaan vaksin dosis ke-1 dan dosis ke-2 yang dilaksanakan di Pelabuhan Tengkayu 1 (SDF) saat ini, merupakan bagian upaya percepatan vaksinasi untuk warga Kaltara dan Kota Tarakan untuk mencapai target vaksinasi 80 persen.
Pelaksanaan kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Inteligen Negara Daerah (BINDA) Kaltara bekerjasama dengan Puskesmas Sebengkok dan Dinas Perhubungan.
Pendekatan masyarakat merupakan metode yang digunakan pada pelaksanaan vaksinasi ini guna mencapai sasaran utama yaitu penumpang, pekerja dan masyarakat yang sedang beraktifitas disekitar pelabuhan SDF (11/12/2021).
Menurut Kepala Puskesmas Sebengkok, Dr. Putri Dian Vitasari, kegiatan ini adalah pendekatan yang dilakukan, agar masyarakat yang belum melakukan vaksinasi baik dosis ke-1 maupun dosis ke-2 dapat bisa difasilitasi berupa pelayanan vaksinasi.
“Jadi kami mendekatkan agar mereka yang mungkin belum mendapatkan vaksin dosis 1 atau mungkin sudah dosis 1 tapi belum dapat vaksin dosis 2, itu nanti akan bisa kami fasilitasi untuk diberikan vaksin sinovac, untuk vaksin yang kami bawa itu ada 360 dosis, dan kami berharap bisa berhasil dan masyarakat dapat tervaksin”, ujar Putri.
Adapun selama proses pelaksanaan vaksinasi terlaksana secara tertib (tidak berdesakan). Baik di lokasi titik ke-1 yaitu di ruang Tunggu Keberangkatan, maupun di titik ke-2 di Ruang Tunggu Kedatangan. Selain itu, adanya kegiatan ini dianggap tidak menjadi kendala rutinitas bagi para masyarakat maupun pelaku pekerja yang ada di pelabuhan tersebut dan proses pelaksanaan vaksin dijalan sesuai dengan kebijakan Kementerian Kesehatan.
Menurut Haswendah selaku masyarakat yang memperoleh pelayanan vaksin dosis ke-1 menuturkan bahwa dampak setelah dilakukan tidak terlalu menunjukkan efek samping pada kesehatannya. “Rasanya biasa aja, ngak ada sakit suntik, ternyata biasa aja”, tuturnya.

Lanjut Dr. Putri Dian Vitasari menjelaskan, bahwa yang menjadi harapan adanya target vaksin tersebut juga berkaitan erat dengan Peringatan HUT Kota tarakan yang ke-24 tahun.

“Pada HUT kota Tarakan nanti tanggal 15 Desember kita harapkan capaian vaksinasi di tarakan itu sudah bisa 80%, ini adalah upaya percepatan kearah situ”, tutup Putri Dian (Putri)