Pelepasan Siswa-Siswi Kelas VI SDIT Madani dan Peluncuran Baju Adat Kesultanan Gunung Tabur Karya siswa

NEWSNUSANTARA. COM, Berau- 25 Mei 2024 – SDIT Madani menggelar acara pelepasan siswa-siswi kelas VI sekaligus meluncurkan baju adat Kesultanan Gunung Tabur hasil kreatifitas siswa siswi Sdit madani. Acara tersebut berlangsung meriah dengan dihadiri oleh sejumlah tamu kehormatan dari Kesultanan Gunung Tabur dan Pemerintah Kabupaten Berau.

Dalam kegiatan ini, Kesultanan Gunung Tabur diwakili oleh Ibu Hj. Adjie Halidah Ayoeb, yang merupakan adik dari Sultan Gunung Tabur, H. Adjie Raden Muhammad Bachrul Ayoeb, BA, MBA. Kehadiran beliau menambah kekhidmatan acara dengan sambutan yang hangat dan penuh makna, menggambarkan pentingnya pelestarian budaya lokal kepada generasi muda.

“Kreativitas para siswa SDIT Madani dalam merancang baju adat ini patut diacungi jempol. Mereka tidak hanya menunjukkan bakat dalam seni, tetapi juga menanamkan nilai-nilai budaya lokal yang harus terus dilestarikan,” ujar Hj. Adjie Halidah Ayoeb dalam sambutannya.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kabupaten Berau yang diwakili oleh Kasi Kesiswaan Bidang Pembinaan SD, Dra. Marlina Nur. Dalam sambutannya, Dra. Marlina Nur menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada SDIT Madani atas inisiatifnya dalam memperkenalkan baju adat Kesultanan Gunung Tabur kepada para siswa. Beliau berharap kegiatan semacam ini dapat terus dikembangkan untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya lokal di kalangan generasi muda.

Pelepasan siswa-siswi kelas VI ini menjadi momen yang sangat istimewa, dengan para siswa tampil anggun mengenakan baju adat Kesultanan Gunung Tabur. Para siswa pun menampilkan berbagai pertunjukan seni, seperti tarian dan musik tradisional, yang menambah semarak acara tersebut.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang pelepasan siswa, tetapi juga sebagai sarana edukasi dan pelestarian budaya daerah, khususnya baju adat Kesultanan Gunung Tabur yang memiliki nilai sejarah dan budaya tinggi. SDIT Madani berharap, dengan adanya acara ini, para siswa dapat lebih mengenal dan mencintai warisan budaya daerah mereka.

Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Berau untuk turut serta melestarikan dan memperkenalkan kekayaan budaya lokal kepada generasi muda.Reporter(Miko) Editor:Edy