Pengunjung Perpustakaan Sekolah dan Budaya Literasi Harus Ditingkatkan


NEWSNUSANTARA. COM,BERAU-Wakil Bupati Berau, Gamalis menyampaikan pengurus perpustakaan sekolah bisa meningkatkan angka kunjungan dan budaya literasi

“Ada beberapa perpustakaan sekolah yang telah memperoleh akreditasi dan standardisasi dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas),” ucapnya Jumat (14/6/2024).

Termasuk perpustakaan kampung yang telah melaksanakan kegiatan inklusi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

“Kami mengajak kepada seluruh pengurus perpustakaan sekolah untuk turut menumbuhkan budaya literasi dan mewujudkan masyarakat cerdas dengan mendorong perpustakaan yang ada di Berau semuanya harus sudah terakreditasi,” ujarnya.

Dikatakannya, sumber daya manusia (SDM) adalah aspek penting dan paling utama dalam membangun suatu daerah.

“Di mana, salah satu upaya perwujudan manusia yang cerdas adalah dengan pemenuhan fasilitas perpustakaan yang representatif dan memadai, dari sisi bangunan, ketersediaan buku-buku bacaan cetak maupun elektronik, hingga kualitas pustakawan di dalamnya,” bebernya.

Terlebih, kata Gamalis Kabupaten Berau sering memperoleh penghargaan perpustakaan dari berbagai tingkatan.

“Sehingga, saya berharap penghargaan tersebut akan semakin membangkitkan semangat bersama dalam mewujudkan perpustakaan yang layak kunjung,”tuturnya.

Serta mampu memfasilitasi kebutuhan literasi masyarakat termasuk akses informasi dalam bentuk elektronik dan digital, seperti di negara yang lebih maju.

“Kembangkan, buat kegiatan yang melibatkan semua sekolah untuk meningkatkan literasi Berau,” pungkasnya. (*)

Reporter: GS//Editor:Edy