Besok Dinkes Gelar Vaksinasi Covid-19 Masal

NEWSNUSANTARA,TANJUNG REDEB – Dinas Kesehatan kembali akan melakukan vaksinasi covid-19 secara masal. Kegiatan ini direncanakan dipusatkan di GOR Pemuda Tanjung Redeb mulai pukul 08.00 WITA sampai selesai.

Berbeda dengan sebelumnya, vaksinasi yang akan digunakan kali ini yaitu Moderna. Dimana sebelumnya tenaga kesehatan telah mendapatkan vaksin Moderna ini. Dalam pelaksanaannya, Dinkes menyiapkan vaksin sebanyak 600 dosis.

Kepala Dinkes Berau, Iswahyudi, dalam pelaksanaan vaksinasi masal ini, para masyarakat telah terdaftar sebelumnya melalui link pendaftaran. Sehingga diharapkan pelaksanaan nantinya bisa berjalan lancar. “Kita evaluasi dari pengalaman sebelumnya. Jadi yang mendapat vaksin nanti sudah terdaftar, dan telah melakukan konfirmasi ulang melalui NIK dan nomor daftar. Sehingga pelaksnaan bisa lebih terjadwal,” ujarnya.

Dijelaskan Iswahyudi, vaksinasi ini diperuntukan bagi masyarakat yang belum pernah mendapatkan vaksin. Dengan persyaratan berumur 18 tahun ke atas. “Pada saat pelaksanaan nanti diharapkan membawa KTP sebagai bukti. Kemudian diharapkan juga agar berada di Berau untuk menerima vaksin dosis kedua nantinya, yaitu 28 hari setelah vaksin pertama ini,” bebernya.

Sebelumnya, Kabupaten Berau mendapatkan jatah vaksinasi Booster Moderna tahap ketiga. Pemberian vaksinasi ini dimulai dari tenaga kesehatan yaitu di Dinkes dan Puskesmas Kampung Bugis. Vaksinasi ketiga ini merupakan vaksinasi booster kelanjutan vaksinasi sebelumnya. Vaksinasi booster Tenaga Kesehatan menggunakan Vaksin Moderna buatan Amerika Serikat.

Vaksinasi tahap 3 akan menyasar 140 juta Rakyat Indonesia dengan sasaran utamanya yakni masyarakat tergolong rentan. Masyarakat rentan yang dimaksud yakni warga miskin di lingkungan padat penduduk, orang dengan gangguan jiwa dan penyandang disabilitas. Selain itu, wilayah dengan predikat penyebaran COVID-19 tinggi juga jadi prioritas utama penyebaran vaksin tahap tiga.