BKPP Gelar Ujian Dinas Tingkat II

FASILITASI : BKPP kembali mengelar ujian dinas tingkat II dan penyesuaian ijazah.

NEWSNUSANTARA,BERAU – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau kembali mengelar ujian dinas tingkat II yang diikuti oleh 45 pegawai. Selain itu juga dilaksanakan ujian penyesuaian ijazah kepada 44 guru. Pelaksanaan ujian digelar di Kantor BKPP Kabupaten Berau, Senin (10/8).

Kepala BKPP Berau, M Said mengatakan bahwa pelaksanaan ujian dinas ini merupakan salah satu kebutuhan pegawai untuk naik dari golongan 3d ke 4a namun dengan catatan telah menduduki jabatan eselon III atau administrator. “Sebagai persyaratan lah untuk kenaikan jenjang golongan,” ujarnya.

Selama ini disampaikan bahwa para pegawai melakukan ujian dinas ke luar daerah seperti Tarakan, Nunukan dan Malinau. Terakhir pelaksanaan ujian dinas di Berau pada tahun 2013 lalu. Kondisi ini lah yang membuat BKPP melakukan inisiatif untuk memberikan fasilitas kepada para pegawai yang akan mengikuti ujian dinas atau pun penyesuaian ijazah. “Kita datangkan penguji dari BKD provinsi,” jelasnya.

Dengan pelaksanaan di Berau diharapkan memberikan kemudahan kepada pegawai untuk bisa memenuhi persyaratan ujian dinas ini. Kedepannya program ini akan dilaksanakan secara rutin untuk memaksimalkan peran dari BKPP. “Jadi tidak perlu lagi ke luar daerah cukup di Berau saja. Kita harap para pegawai ini bisa melaporkan diri jika ingin mengikuti ujian dinas atau penyesuain ijazah ini. Jangan sampai menunggu. Sehingga bisa secepatnya kita susun untuk jadwal ujiannya,” ujarnya.

Untuk ujian penyesuaian ijazah ini disampaikan Said, agar guru yang bertugas di sekolah bisa tertib administrasi. Sehingga pendataan di BKPP lebih tertata rapi dan jelas. “Ada guru yang saat ini bertugas di sekolah tapi pendidikan masih SMA, sementara sudah mengantongi ijazah sarjana pendidikan. Sehingga harus disesuaikan lagi melalui ujian ini. Kita harap teman guru lainnya yang sudah meningkatkan pendidikan ini bisa melapor diri sehingga bisa sesuaikan administrasi kepegawaiannya,” pungkasnya. (As)