BPBD Gelar Apel dan Simulasi Pengendalian Karhutla

NEWSNUSANTARA,TANJUNG REDEB – BPBD Kabupaten Berau mengelar apel siaga sekaligus simulasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Selasa (29/6). Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb yang dipimpin langsung oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas.

Apel siaga dan simulasi ini merupakan bentuk keseriusan Pemkab Berau dalam menghadapi karhutla. Mengingat potensi karhutla di Bumi Batiwakkal masih sangat tinggi. Sesuai dengan kajian bencana, indek karhutla merupakan yang tertinggi dibandingkan lainnya.

Bupati Sri Juniarsih mengatakan, berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, tentu saja karhutla harus menjadi perhatian serius. Sehingga perlu diantisipasi sejak dini. “90 persen karhutla ini merupakan ulah manusia baik yang disengaja maupun tidak. Jadi perlu ada antisipasi sejak dini,” katanya.

Dampak yang disebabkan oleh karhutla ini juga cukup parah. Mulai dari lingkungan hingga stabilitas negara. Karena asap yang ditimbulkan sangat menganggu ke beberapa negara tetangga. “Melalui apel siaga ini diharapkan kita lebih siap. Sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat atas dampak yang ditimbulkan jika terjadinya karhutla,” ujarnya.

Usai pelaksanaan apel siaga, bupati didampinggi Wabup dan forkopimda meninjau langsung sarana dan prasarana yang telah disiapkan dalam mengantisipasi karhutla.