Kembangkan Perpustakaan, Tingkatkan Minat Baca

KUNJUNGI : Perpustakaan menjadi bagian penting dalam meningkatkan SDM yang berkualitas.

NEWSNUSANTARA.COM,BERAU – Pemerintah Kabupaten Berau terus berupaya dalam peningkatan perpustakaan sehingga membuat minat baca masyarakat semakin tinggi. Hal ini merupakan salah satu cara dalam perbaikan sumber daya manusia di Bumi Batiwakkal.

Seperti yang disampaikan Wakil Bupati Agus Tantomo, perpustakaan memiliki peran yang sangat vital dalam pengembangan dunia pendidikan. Untuk itu Pemkab Berau ditegaskannya mendukung perpustakaan untuk terus meningkatkan kapasitas, baik menambah koleksi, sistem pelayanan dan juga kompetensi pengelola.

Selain itu, menurutnya, tata kelola perpustakaan juga harus mulai dibenahi. Dengan berkaca dari beberapa daerah yang telah memiliki prestasi dalam pengelolaan ini. Perpustakaan juga didorong untuk menerapkan berbasis online seperti yang telah diterapkan di beberapa negara. Menurutnya pola ini akan sangat memudahkan pengunjung perpustakaan dalam memperoleh informasi tentang koleksi buku. “Bahkan diluar negeri ada perpustakaan yang memberikan fasilitas mengantarkan buku pinjaman kepada masyarakat yang saat berkunjung ke perpustakaan belum menemukan buku yang dicari,” ungkapnya.

Pelayanan perpustakaan ini menurutnya sangat penting untuk memotivasi masyarakat meningkatkan minat baca. Perpustakaan juga harus menyediakan fasilitas yang nyaman bagi pengunjungnya. Perpustakaan menjadi tempat yang tenang dan nyaman untuk belajar. Bahkan perpustakaan diminta untuk bisa menyiapkan ruang khusus diskusi. “Berikan fasilitas nyaman di perpustakaan, buat perpustakaan yang enak untuk belajar bagi pengunjungnya,” ucapnya.

Untuk koleksi buku, Agus Tantomo mengajak perusahaan swasta di Bumi Batiwakkal untuk dapat menyalurkan bantuan buku ke perpustakaan baik kecamatan maupun sekolah sebagai bentuk coorporate social responsibility (CSR). Wabup meminta perpustakaan membuat surat ke perusahaan swasta dalam program ini dan Pemkab Berau ditegaskannya akan mensuport penuh. “Kita minta perusahaan CSR ke bantuan buku, sehingga koleksi buku di perpustakaan umum maupun perpustakaan sekolah bertambah,” jelasnya.

Sementara dalam upaya meningkatkan minat baca, Wabup juga memberikan gagasan penilaian terhadap kelompok kelompok baca di masyarakat yang aktif ke perpustakaan. Menurutnya penilaian ini akan menjadi motivasi bagi masyarakat untuk terus berlomba meningkatkan minat baca.

Melalui sejumlah gagasan tersebut, Wabup Agus Tantomo berharap peningkaatan minat baca di tengah masyarakat terus meninggi dan perbaikan kualitas sumber daya manusia tercipta. (SR)