Maksimalkan Serapan Anggaran Hingga Akhir Tahun

PACU : Sekkab Berau, M Gazali memacu seluruh OPD untuk memaksimalkan serapan anggaran dan menyelesaikan kegiatan di sisa waktu tahun anggaran 2020 ini.

NEWSNUSANTARA,BERAU – Dalam triwulan IV pada bulan November ini, Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali mendorong seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk meningkatkan program kerja yang ada. Sehingga serapan anggaran pun bisa maksimal sesuai dengan perencanaan yang telah disusun.

Ia menegaskan agar seluruh Kepala OPD bisa bergerak cepat termasuk PPK dan PPTK yang langsung menangani program-program di masing-masing OPD. Ia mengingatkan bahwa dalam triwulan IV ini serapan anggaran masih belum terlalu maksimal. “Mari sama-sama kita perhatikan ini. Apa saja kegiatan yang masih belum terlaksana agar dijalankan secepatnya. Untuk pencapaian kita di November ini belum terlalu tinggi sekitar 60 persen,” ujarnya.

Menurutnya, program kerja yang ada di OPD telah disusun dan direncanakan sebelumnya. Oleh karena itu ia mengharapkan program kerja ini bisa berjalan sesuai dengan perencanaan yang ada sesuai dengan target yang telah ditetapkan. “Mudahan di akhir bulan ini bisa mencapai 80 persen. Dan di sisa tahun anggaran 2020 pada Desember nanti bisa sampai 90 hingga 95 persen,” tegasnya.

Gazali pun mendorong agar seluruh OPD bisa melakukan evaluasi terkait program-program yang serapannya tidak terlalu maksimal. Apa saja kendala yang dihadapi di lapangan agar bisa diselesaikan secepatnya. Sehingga target dalam pelaksanaan program ini bisa tepat waktu. “Kalau kendala untuk kegiatan fisik sejauh ini hanya cuaca, tapi sekarang ini sudah mulai membaik bisa terlaksana sesuai perencanaan. Mudahan kegiatan pembangunan tetap berjalan lancar,” jelasnya.

Secara keseluruhan kegiatan sudah cukup bagus. Tinggal mengejar ketertinggalan lagi. Hanya beberapa OPD saja yang masih harus ditingkatkan lagi. “Biasanya itu Dinas PUPR, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan karena kegiatannya sangat banyak. Tapi di akhir tahun saya yakin bisa terpenuhi seluruhnya. OPD lain juga diharapkan untuk berpacu agar kegiatannya bisa terselesaikan lebih awal,” pungkasnya.