Pemkot Batu Berkontribusi, Ubah Kali Tulus Menjadi Sungai Tematik

Warga membersihkan sungai mendukung program kegiatan sapu bersih sampah

NEWSNUSANTARA.COM – MALANG – Untuk menjaga kelestarian sumber air terus dengungkan oleh Pemkot Batu. Melalui program kegiatan Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali (Sabers Pungli), kali ini di Kali Tulus Kelurahan Temas, Kecamatan Batu.

Sungai itu bakal disulap jadi sungai tematik.yaitu dengan melakukan sebagaimana seharusnya agar menjadi sungai yang tampak lebih menarik.

Pada giat program tersebut di ikuti uluhan warga ikut melakukan kerja bakti yang dimulai dengan pembersihan sampah di sepanjang aliran sungai, seperti mencabut rumput, daun, hingga semak belukar.

Saat bersamaan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko ikut turun di Kali Tulus, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Minggu (9/10/2022).

Dengan mengubah kali menjadi sungai tematik sebagai upaya yang dilakukan oleh masyarakat dapat menjaga lingkungan secara berkelanjutan.

“Program giat kali ini adalah menjadikan sungai ini sebagai kebanggaan warga Temas dan masyarakat Kota Batu. Ketika sungai bersih, tertata, maka lingkungan akan nyaman,” kata Dewanti.

Sebagai upaya Kelurahan Temas untuk menjaga lingkungan sekitar juga sumber mata air di sana. Lurah Temas, Adi Santoso menambahkan, kegiatan ini juga sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.

“Karena dorongan pemerintah yang sudah berkomitmen ,kami menyiapkan tim yang akan mempersiapkan sungai ini menjadi sungai tematik, ada gambaran untuk biopori dan budidaya ikan,” ungkap Adi.

Kali Tulus ini kedepannya akan dijadikan sebagai lokasi atraksi seni budaya dan kearifan lokal kelurahan temas sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan.(Hmz).