Peringatan 1 Tahun Pamter 139 Cabang Berau. Perkuat Sinergi, dan Jaga Nama Besar Ajaran PSHT


NEWSNUSANTARA.COM,TANJUNG REDEB- Pengaman Terate (Pamter) Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) cabang Berau gelar perayaan dirgahayu ke-1 di Mako Brimob Batalyon C Pelopor Kompi 3, Kabupaten Berau, Minggu (29/1/23). Acara itu digelar secara sederhana mamun khidmat.

Hadir dalam kegiatan itu, Dewan Pembina PSHT Cabang Berau, Makmur HAPK, Ketua PSHT Cabang Berau Tri Hermanto, Ketua Pamter PSHT Berau Agus Santoso, seluruh pengurus PSHT dan sejumlah tamu undangan dari berbagai perguruan pencak silat dan ormas di Kabupaten Berau.

Dalam sambutannya, Ketua Pamter cabang Berau, Agus Santoso bersyukur, dan berterimakasih atas dukungan seluruh warga PSHT Berau kepada Pamter Berau hingga dapat melaksanakan dirgahayu pertama Pamter.

“Saya ucapkan kepada saudara-saudara PSHT se Kabupaten Berau, dengan dukungan yang diberikan kegiayan sykuran 1 tahun pamter dapat digelar. Kami juga ucapkan terimakasih kepada Danyon Brimob yang telah memfasilitasi acara ini,” katanya.

Secara singkat Agus menjelaskan, Pamter didirikan pada Tahun 2010 di Madiun. Untuk cabang Berau sendiri, baru berdiri secara sempurna pada 27 Januari 2021.

“Setelah mengirim SK dan Bendera Pataka ke pengurus pusat, maka, pembentukan Pamter 139 PSHT Cabang Berau secara sah dan diakui oleh pusat Madiun,” ujarnya.

Adapun syukuran 1 tahun Pamter digelar, tak lain sebagai wujud syukur, serta mempererat tali silaturahmi dengan semua pihak, khususnya sesama warga PSHT Berau dan warga sekitar.

Makmur HAPK, (tengah)Ketua PSHT Cabang Berau Tri Hermanto, Ketua Pamter PSHT Berau Agus Santoso, seluruh pengurus PSHT dan sejumlah tamu undangan.

Agus berharap, dengan adanya lembaga Pamter 139, selain bertugas di internal dalam menjaga marwah PSHT. Juga dapat bersinergi dengan Pemkab Berau, TNI-Polri, lembaga adat, ormas, paguyuban, hingg masyarakat Kabupaten Berau dalam menjaga Kamtibmas tetap kondusif. Serta, bersama-sama ikut serta membangun kota Bumi Batiwakkal.

Selama ini kata Agus, baik PSHT maupun Pamter Berau terus berjalan dan bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat.

“Semoga sinergi ini bisa terus berjalan. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota Pamter yang telah bekerja keras selama satu tahun kebelakang dengan berbagai kegiatan yang cukup padat,” tuturnya.

Sementara itu, PSHT Berau, Tri Hermanto mengatakan Peringan HUT Pamter diharapkannya, menjadi momentum untuk introspeksi, dan evaluasi. Serta, konsistensi bagi Pamter dan PSHT secara umum sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Pamter sendiri kata dia, bagian yang tidak terlepas dari organisasi PSHT. Di mana Pamter mengemban banyak tugas, diantaranya berkaitan dengan pengamanan internal dan eksternal organisasi itu sendiri.

“Harapanya, momentum peringan HUT Pamter Cabang Berau dapat menjadikan Pamter semakin solid, dan kompak demi menjaga nama besar PSHT. Saya selaku ketua cabang, sangat mengapresiasi seluruh kontribusi anggota Pamter Berau untuk PSHT,” tuturnya.

Adapun Pembina PSHT Cabang Berau, Makmur HAPK menginginkan, Pamter dalam hal ini PSHT Berau dapat terus saling bekerjasama untuk menciptakan SDM yang tangguh dan utuh.

Ia juga berharap, Pamter tidak sekedar menjadi pengaman Terate saja. Tetapi bisa mengutamakan memonitor segenap anggota yang lahir menjadi warga PSHT, agar dapat menjaga harkat dan martabat ajaran PSHT.

“Saya mengucapkan selamat HUT ke-1 Pamter Berau. Ingat jangan jadikan PSHT dan Pamter ini untuk ajang gagah-gagahan. Perkuat sinergi dengan semua pihak, jaga Kamtibmas Berau,” pungkasnya. (/)

Beberapa organisasi juga hadir dalam acara perayaan dirgahayu pengamanan terate ke 1