Berau Dapat Bankeu Rp 63 Miliar

DAPAT BANTUAN : Pembangunan jalan Teluk Sulaiman-Teluk Sumbang dapat Bantuan Keuangan dari Provinsi Kaltim senilai Rp 16 miliar.

NEWSNUSANTARA,Berau – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengucurkan Bantuan Keuangan (Bankeu) kepada Kabupaten Berau dalam APBD Perubahan tahun anggaran 2020 senilai Rp 63 milair. Seluruh kegiatan dalam Bankeu ini akan dijalankan pada pembangunan fisik yang tersebar di beberapa kecamatan.
Tambahan anggaran ini membantu pemerintah daerah untuk menjalankan program pembangunan khususnya pemenuhan infrastruktur jalan. Dari data Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), ada 10 kegiatan yang masuk dalam Bankeu ini yaitu pembangunan jalan Teluk Sulaiman-Teluk Sumbang dengan nilai Rp 16 miliar, pereservasi jalan poros Birang senilai Rp 3 miliar, pereservasi jalan poros Buyung-Buyung senilai Rp 3 miliar, pembangunan jalan poros Muara Lesan-Merapun senilai Rp 5 miliar.
Kemudian peningkatan Jalan Karang Mulyo 2 senilai Rp 4 miliar, lanjutan pembangunan jalan kawasan Maratua senilai Rp 8 miliar, lanjutan pembangunan Jalan Mantaritip-Limunjan senilai Rp 13 miliar, preservasi jalan poros Raya Bangun Kecamatan Sambaliung senilai Rp 7 miliar, preservasi jalan Kampung Maluang RT 10 menuju Jalan Punggawa Sejati (Akses pendidikan) senilai Rp 4 miliar dan bantuan keuangan untuk pengawasan kepada Inspektorat Kabupaten Berau senilai Rp 500 juta. Total Bankeu yang dikucurkan ke Kabupaten Berau senilai Rp 63,5 miliar.
Kepala Bapelitbang Berau, Agus Wahyudi menyampaikan, dengan adanya Bankeu ini diharapkan bisa membantu program-program pembangunan dalam pemenuhan infrastruktur jalan di Bumi Batiwakkal. “Kegiatan sebagian besar ada di Dinas PUPR. Diharapkan bisa berjalan sesuai dengan perencanaan,” ujarnya.
Mendekati akhir tahun 2020, ia mengharapkan agar kegiatan bisa dikerjakan secepatnya. Sehingga realisasinya pun terpenuhi 100 persen. Bahkan diharapkan dengan realisasi yang penuh ini menjadi bahan evaluasi kepada Pemprov Kaltim untuk memberikan bantuan di tahun 2021 mendatang. (hms5)