Bupati Terima Hadiah Buku Dari Presiden Jokowi

NEWSNUSANTARA.COM,BERAU-Bupati Berau, Hj Sri Juniarsih menjadi satu-satunya Bupati di Kaltim yang menerima hadiah buku berjudul Kiprah Jokowi Membangun NKRI 2014-2024 yang ditandatangani langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, pada pembukaan pelatihan kepemimpinan Kepala Kampung dan Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) di Balai Mufakat, pada Jum’at (28/1).

Buku tersebut dititipkan dan diserahkan langsung oleh Brigjen Pol Dr Darmawan Sutawijaya SE, M.Hum yang juga menjadi narasumber Pelatihan, yang mengusung tema, “Strategi Penguatan Pemerintahan Kampung yang Profesional”. Hadir pula Wakil Bupati Berau, H Gamalis, Unsur Forkopmlimda, Sekda Berau, Ir Muhammad Gazali, dan tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia, Ilyas Natsir yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Berau, dalam laporannya mengatakan, tujuan pelatihan ini dilaksanakan adalah untuk meningkatkan dan menambah wawasan, pengetahuan, dan kemampuan kepala kampung dan BPK. Sehingga kepala kampung mampu mengelola anggaran kampung secara transparan, tertib dan tahu seluruh peraturan tentang pengelolaan dana kampung. Sehingga dapat menghindari pengeluaran yang tidak sesuai dengan peruntukannya, agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

“Seluruh peserta berjumlah 200 orang, masing-masing 100 orang Kepala Kampung dan 100 orang Ketua BPK,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Berau dalam sambutannya sekaligus membuka acara, mengucapkan selamat datang sekaligus terimakasih Brigjen Pol Darmawan Sutawijaya yang telah menyerahkan buku. Ia merasa bahagia, pasalnya buku yang ditandatangani langsung oleh Presiden RI tersebut hanya diberikan kepada Bupati Berau, dari sekian banyak bupati di Kaltim.

“Ini akan menambah pengetahuan buat kami dan penghargaan serta kebanggaan buat kami semua, artinya Berau mendapatkan perhatian lebih yang merupakan bagian wacana ibukota baru negara Republik Indonesia, kami mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas penyerahan tersebut dan insya Allah ini akan kami pelajari dan mudah-mudahan bisa kami direalisasikan di Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Dikatakannya, Berau dengan wilayah yang begitu luas memiliki potensi sumber daya alam yang sangat kaya, dengan potensi wisatanya yang terbanyak perlu dikelola oleh sumber daya manusia yang profesional. Dengan adanya pelatihan kepemimpinam ini diharapkan ilmu yang diberikan dapat direalisasikan di kampung dan kelurahannya masing-masing.
Pelatihan ini juga diharapkan akan memperkuat kapasitas pemerintahan Kampung dalam mengelola kampung. “Oleh karena itu pelatihan pada hari ini sangat penting, kami baru melantik beberapa kepala kampung, ini saya anggap ilmu yang sangat bermanfaat yang langsung diberikan oleh Bapak Inspektur Jenderal polisi Darmawan Sutawijaya,” katanya.

Mudah-mudahan, lanjutnya, Bupati dan Wabup bisa kita bekerjasama dengan kepala kampung dan BOK sebagai kepanjangan tangan Bupati. Pasalnya di masa pemerintahannya yang tidak lama, terhitung sejak 26 Februari mendatang, berarti tinggal 2,5 tahun lagi ia menjabat sebagai bupati. “Artinya saya meminta kepada seluruh kepala kampung dan lurah untuk bisa gerak bersama, gerak cepat dalam membangun Bumi Batiwakkal (sebutan Kab Berau, Red), agar proses pembangunan tidak ada kendala ataupun hambatan yang menyulitkan kita semua,” katanya. Mala itu kita perlu mendapatkan ilmu tentang kepemimpinan tata kelola pemerintahan, tata kelola keuangan dan tata kelola pengelolaan Dana Desa.

Bupatu, Hj Sri Juniarsih berpesan kepada seluruh kepala kampung dan BPK agar mengikuti acara ini dengan baik. “Semoga diberikan kesehatan, diberikan limpahan rahmat yang luar biasa, kepala kampung tetap semangat berjuang bagi kampungnya, kemudian juga bisa mensejahterakan rakyat, ketika niatnya untuk membuat rakyat senang, membangun hubungan baik dengan masyarakat Insya Allah ke depan ketika Bapak menjadi kepala kampung selanjutnya Bapak tidak akan kesulitan lagi,” pungkasnya. Tim Liputan