Cegah Peredaran Narkoba, Rutan dan BNK Teken MoU

penandatanganan memorandum of understanding (MoU)
Wakil Bupati Berau, Gamalis, selaku ketua BNK Berau, Selasa (31/8).penandatanganan memorandum of understanding (MoU)

NEWSNUSANTARA,TANJUNG REDEB – Mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Berau melakukan kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU). Penandatanganan MoU dilakukan Kepala Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb, Puang Dirham, bersama Wakil Bupati Berau, Gamalis, selaku ketua BNK Berau, Selasa (31/8). Kesepakatan kerjasama ini disaksikan Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Kantor Wilayah Hukum dan HAM Kalimantan Timur, Didik Heru Sukoco.
Kerjasama ini disampaikan, Ketua BNK Berau, Gamalis, merupakan bentuk sinergisitas BNK dan Rutan dalam rangka mendukung program pemerintah sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dan precursor narkotika, serta tercapainya rehabilitasi narkotika bagi tahanan dan warga binaan pemasyarakatan (WBP). “Kerjasama ini juga bertujuan mengintensifkan pencegahan dan pemberantasan penyelahgunaan dan peredaran narkoba serta giat rehabilitasi dalam mewujudkan Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb yang bersih dari peredaran gelap narkoba dan pemulihan bagi pecandu narkoba,” ungkapnya.
Melalui MoU ini akan dibentuk satuan tugas Kamtibsus di Rutan Tanjung Redeb yang melibatkan BNK dan petugas Rutan Kelas II Tanjung Redeb. Serta terbentuknya relawan anti narkoba di lingkungan Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb. “Kita juga melakukan diseminasi informasi baik dalam bentuk sosialisasi dan edukasi dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba,” tandasnya. (ED)