Dinkes Ajak Masyarakat Bersama Cegah Covid-19

ATASI BERSAMA : Dinkes Berau mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengatasi covid-19 di Bumi Batiwakal.

NEWSNUSANTARA.TANJUNG REDEB – Penyebaran Covid-19 saat ini menjadi fokus utama untuk diantisipasi. Agar penyebaran tidak semakin meluas, Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau mengajak seluruh masyarakat bisa berperan aktif untuk membantu, seperti mengikuti instruksi yang telah dikeluarkan pemerintah.

Disampaikan Kepala Dinkes Berau, Iswahyudi, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Berau dalam mengatasi penyebaran virus tersebut di Bumi Batiwakkal.

Perkembangan covid-19 yang ditangani Dinas Kesehatan Berau hingga saat ini yaitu jumlah orang dalam pengawasan (ODP) sebanyak 154. Kemudian pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 59. Dan yang dinyatakan positif sebanyak 7. “Setiap hari kita selalu memantau semua pasien serta perkembangan kesehatan mereka,” jelasnya.

Iswahyudi menyampaikan bahwa pihaknya saat ini telah bekerja sama dengan instansi lainnya untuk memantau setiap perkembangan yang ada di masyarakat. “Perlu kerja sama semua pihak untuk mengatasi virus ini agar tidak menyebar lagi,” tegasnya.

Selain itu, ia juga mengharapkan agar masyarakat bisa secepatnya memeriksakan diri jika merasakan gejala-gejala sakit seperti batuk, pilek, tengorokan gatal dan demam. Sehingga Dinkes bisa langsung mengambil tindakan medis untuk langkah yang akan diterapkan. “Memang ini merupakan peran aktif orang tersebut. Kita sudah sediakan call center yang dapat dihubungi setiap saat, 082255315534 atau 082149492491. Kepada masyarakat yang lain juga jika menemukan tetangganya sedang sakit bisa menghubungi nomor tersebut sehingga cepat direspon petugas kesehatan,” ujar Iswahyudi.

Ditegaskan bahwa gejala-gejala yang dialami tersebut harus disikapi dengan serius. Mengingat kondisi yang terjadi saat ini. Sehingga perlu aktif jika memang mengalami sakit. “Kita harus selalu waspada, karena penyebarannya sudah meluas. Kita berharap tidak terjadi penambahan lagi. Sehingga kalau ada yang merasa sakit harus segera melapor untuk secepatnya diperiksa,” pungkasnya. (Hms5)