Pelaksanaan Upacara HUT Ke-77 di Berau Lancar

NEWSNUSANTARA,TANJUNG REDEB- Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 digelar serentak di seluruh Indonesia pada 17 Agustus. Di mana di tanggal itulah, proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia diperingati.

Di ujung utara Kalimantan Timur, Pemerintah Kabupaten Berau juga turut menggelar upacara tersebut. Setelah 2 tahun lalu hanya upacara hanya digelar di halaman Kantor Bupati Berau, dengan peserta seadanya, lantaran COVID-19.

Dalam penyelenggaraan itu, upacara digelar secara meriah. Bahkan, terlihat peserta tidak hanya dari Pemkab Berau, DPRD Berau, dan aparat keamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri saja. Melainkan juga sejumlah tamu undangan, baik itu komunitas kepemudaan, Ormas, tokoh adat, dan lapisan masyarakat.

Bahkan, untuk Masyarakat Berau, juga dibolehkan melihat upacara peringatan kemerdekaan, secara langsung.

Di upacara itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih, bertindak sebagai inspektur upacara. Didampingi Perwira Upacara Kapten Infantri Haeruddin Halwin. Dan Komandan Upacaranya Letnan Satu (Lettu) CPN Muamar Gumelar Pamungkas.

Dalam sambutannya, Bupati Berau, Sri Juniarsih, mengucap rasa syukur, setelah akhirnya dapat kembali melaksanakan upacara bersama dengan lapisan masyarakat. Kendati pelaksanaannya, masih tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Ini adalah momen peringatan kemerdekaan. Dan saya, mewakili Pemkab Berau, santai bersyukur, bisa kembali melaksanakan upacara bersama masyarakat. Meskipun, di tengah pandemik COVID-19 ini,” ujarnya.

Dengan semangat kemerdekaan ke-77 yakni “pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat”, diharapkan Berau juga ikut pulih dari pandemi yang sempat membuat daerah tidak dalam kondisi baik. Dan menimbulkan ketidakstabilan ekonomi masyarakat.

“Ini adalah tema yang tepat, dan sesuai dengan kondisi kita sekarang. Melalui momen ini, saya berharap Berau bisa pulih dan ekonominya kembali kuat. Agar tujuan pembangunan Berau, dan pengembangan masyarakat juga menjadi lebih pesat,” jelasnya.

Sri Juniarsih juga menyampaikan, menurunnya tren COVID-19 di Kabupaten Berau, tidak terlepas dari peran pemerintah dan masyarakat. Di mana, semua elemen bergotong royong, dan bergerak berdampingan dalam menekan penularan pandemik ini.

“Saya kembali mengajak masyarakat untuk sama-sama bersinergi dalam turut serta membangun Kabupaten Berau, meskipun kondisi saat ini masih dihantui pandemik COVID-19,” pungkasnya. (/)