Pemerintah Pusat Berencana Bangun Waterbase di Kepulauan Derawan

NEWSNUSANTARA.COM,TANJUNG REDEB – Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan, berencana membangun bandara perairan (waterbase) di Kepulauan Derawan.

Pembangunan bandara perairan ini merupakan proyek infrastruktur prioritas. Menjadi salah satu konsen pemerintah untuk mendorong konektivitas di wilayah kepulauan.

Kepulauan Derawan menjadi salah satu dari 10 lokasi yang menjadi studi Kemenhub untuk dibangun waterbase ini.

Langkah ini pun ditunjukan dengan kunjungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Udara dan Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub ke Kabupaten Berau.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Udara Kemenhub, Captain Novyanto Widadi menjelaskan, kunjungan ini merupakan tindaklanjut program waterbase. “Ini kunjungan awal untuk melihat potensi dan menganalisis kondisi di lapangan,” ujarnya saat berkunjung ke Berau pekan lalu.

Dalam pembangunan waterbase ini ada beberapa aturan yang harus dipenuhi, seperti bebas dari sampah laut dan aktifitas nelayan. Selain itu juga pasang surut air laut.

Program ini mendapatkan respon positif dari Pemkab Berau. Sekkab Berau, M Gazali menyampaikan, dengan adanya waterbase ini bakal mendukung pengembangan sektor pariwisata di Berau. “Pariwisata ini merupakan program jangka panjang kita. Sebagai pengganti sektor pertambangan. Semoga kunjungan ini mendapatkan hasil terbaik dan program waterbase bisa dibangun di Pulau Derawan,” ujarnya.