Penemu Listrik Hemat Tawarkan Kerja Sama dengan Pemkab


NEWSNUSANTARA.COM.BERAU– Ujang Koswara pencetus listrik hemat menawarkan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Berau. Kerja sama tersebut dalam bentuk program listrik mandiri rakyat (Limar). Program ini merupakan solusi jangka pendek dalam menerangi kampung yang belum mendapatkan aliran listrik. Di Kaltim, program ini telah dijalankan di PPU.
Bupati Berau, Muharram menyambut baik atas program yang diajukan ini. Dengan adanya Limar ini bakal menjadi solusi secepatnya untuk menerangi kampung-kampung yang belum teraliri listrik. “Harus diwujudkan program ini,” jelasnya, Kamis (12/3/2020) saat pertemuan dengan Ujang Koswara.
Bupati Muharram mengatakan, akan memberikan instruksi ke camat-camat untuk mendata kampung mana saja yang belum mendapatkan aliran listrik secara penuh. Sekaligus jumlah kepala keluarga yang ada di sana. Sehingga distribusi program ini bisa dilakukan secara merata di seluruh kampung. “Kita juga sangat perlu untuk penerangan jalan umum. Karena ada beberapa titik yang belum mendapatkan penerangan ini,” tegasnya.
Sementara ujang Koswara mengatakan, Limar terlahir berkat keprihatinan Ujang melihat rumah ibunya yang belum teraliri listrik karena tinggal di pelosok Garut. Ibunya sering mengalami kesulitan karena kondisi tersebut. Semua peralatan pembangkit listrik, seperti solar panel dan micro-hydro, sempat dibeli Ujang agar rumah ibunya bisa terang. Namun semua itu tidak bertahan lama.
Limar diciptakannya pada 2008. Dimana saat itu, ia memiliki ide dan dikolaborasikan dengan tukang reparasi elektronik yang merupakan langganannya. Pertama kali, Limar diciptakan dengan produksi sebanyak 5.000 unit. “Sekarang telah 1,5 juta lampu yang telah diproduksi. Dan semuanya hasil pemberdayaan masyarakat. Karena melibatkan masyarakat di desa itu yang langsung membuatnya dengan bimbingan awal dari kita,” ungkapnya.
Satu boks Limar berisi seperangkat penerangan untuk satu rumah. Dalam setiap boksnya terdapat lima buah lampu LED (Light-Emitting Diode) dan accu yang dilengkapi dengan lima buah tombol. Masing-masing lampu berdaya terang 1 watt namun setara dengan terang 10 watt. Energi listrik guna menyalakan lampu-lampu itu berasal dari accu yang kekuatan energinya cukup untuk satu bulan. “Kalau pakai solar cell bakal lebih lama lagi, bisa mencapai 10 tahun,” pungkasnya.(SR)