Tingkatkan SDM, Kelurahan Loa Tebu Lakukan Pelatihan

NEWSNUSANTARA.COM, KUKAR – Meningkatkan kulalitas Sumber Daya Manusia (SDM), Kelurahan Loa Tebu Kecamatan Tenggarong, Kelurahan Loa Tebu Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan pembangunan infrastruktur hingga pelatihan untuk memajukan wilayah melalui beberapa program.

Lurah Loa Tebu Rahimudin mengatakan, pembangunan infrastruktur fisik sedang berlangsung, seperti melakukan perbaikan jalan, gang dan normalisasi Sungai Mangkurawang.

“Kalau tidak dilakukan normalisasi sungai, maka daerah Rapak Lambur, Sepotan dan Bendang Raya akan kebanjiran saat musim hujan,” kata Rahimudin pada, Kamis (19/10/2023).

Dia juga bilang, pihaknya mengadakan pembinaan terhadap kelompok perikanan dan pembudidayaan ikan di Kelurahan Loa Tebu, agar ikan yang dihasilkan nantinya akan segar.

“Kami terus lakukan pembinaan terhadap para kelompok ini, agar dapat memenuhi kebutuhan ikan segar di Mangkurawang dan sekitarnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Rahimudin menyebutkan, untuk program pemberdayaan masyarakat, pihaknya akan melakukan berbagai pelatihan bagi pemuda dengan bekerja sama dengan, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kutai Kartanegara (Kukar).

“Untuk anak muda, akan kita lakukan fasilitasi pelatihan perbengkelan. Kami bina dan latih mereka,” ucapnya.

Selain itu, ada pelatihan menjahit, tata boga dan tata rias bagi ibu-ibu di Kelurahan Loa Tebu.

Rahimudin berharap, program pelatihan tersebut dapat menjadi bekal bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi diri.

“Kita harap, masyarakat yang sudah di bekali pelatihan dapat mengembangkan dirinya untuk membangun usaha sendiri,” pengennya.* (ADV-Diskominfo Kukar)